Ingin Memulai Bisnis? Coba Mulai Terapkan 5 Langkah Jitu Ini

Angga Laraspati - detikFinance
Selasa, 10 Nov 2020 19:34 WIB
letsxcelerate
Foto: shutterstock
Jakarta -

Memiliki bisnis sendiri adalah impian bagi sebagian orang. Namun, seringkali ide bisnis tidak berjalan dengan baik. Beberapa faktor menjadi penyebabnya seperti pelaksanaanya yang kurang persiapan atau permintaan pasar sudah tidak sesuai dengan ide awal.

Pada dasarnya, pengembangan ide bisnis merupakan kunci untuk membuat pondasi bisnis yang baik. Nah, agar tidak salah langkah, berikut ini adalah 5 tahap yang harus dilakukan supaya ide sebuah bisnis dapat lebih baik dilansir dari Inc.com. Apa sajakah itu?

Keluarkan Ide dan Tuangkan di Atas Kertas

Langkah awal untuk mengembangkan ide bisnis adalah mengeluarkan semua ide-ide gila tentang bisnis dan menulisnya di atas kertas. Meskipun itu hanya sebuah poin-poin tetapi itu adalah langkah pertama untuk mewujudkan bisnis.

Tulislah dalam bentuk masa depan, apa yang akan kamu lakukan dengan bisnis tersebut, dan kemudian apa yang bisa didapatkan dari bisnis tersebut dan lain sebagainya. Dengan begitu, berbagai ide bisnis menarik pun siap dipilih dan dikembangkan lebih lanjut.

Bentuk Jaringan Bisnis

Jaringan atau networking adalah hal terpenting dalam memulai suatu bisnis. Cobalah untuk memikirkan hal tersebut terlebih dahulu sebelum mengembangkan ide bisnis. Misalnya, jika membutuhkan pendanaan cobalah untuk membuat daftar orang yang sekiranya akan meminjamkan dana untuk memulai bisnis.

Bila dirasa masih kurang cobalah untuk bergabung dengan kelompok-kelompok bisnis baru dengan menghadiri acara bisnis seperti seminar dan juga talkshow untuk menambahkan networking kamu. Tidak hanya networking, akan ada ilmu-ilmu baru tentang bisnis yang akan kamu dapatkan dari acara tersebut.

Tetapkan Target

Menetapkan target dalam mengembangkan ide bisnis juga merupakan hal yang harus dilakukan. Hal ini dilakukan agar kamu memiliki pencapaian yang harus segera diselesaikan sebelum tanggal tersebut.

Jangan lupakan juga target barang-barang atau budget yang diperlukan untuk memulai bisnis kamu. Setelah itu semua telah ditentukan, cobalah untuk menganalisa kapan tanggal peluncuran bisnis yang tepat atau tanggal pengumpulan modal awal, agar mimpi kamu untuk memulai suatu bisnis segera tercapai.

Ambil Tindakan

Ketika semua perencanaan sudah terbentuk, kini saatnya kamu membangun momentum untuk menyelesaikan ide yang dikembangkan sebelumnya. Jangan sampai ide yang dikembangkan dan mimpi-mimpi yang ditulis hanya menjadi wacana belaka.

Fokuskan Diri

Terakhir adalah fokuskan diri kamu untuk menyelesaikan apa yang sudah dimulai. Penting untuk diingat, waktu adalah hal penting yang bisa menentukan nasib suatu ide bisnis. Sebuah ide bisnis tidak akan berubah menjadi bisnis bila kamu tidak melaksanakan rencana tersebut.

Jadi jangan tunggu waktu lebih lama lagi, ada baiknya untuk langsung mengeksekusi ide bisnis kamu sebelum nantinya tergerus zaman dan ide bisnis yang kamu miliki sudah tidak menjadi hal yang diinginkan masyarakat.

Itu dia beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk mengembangkan suatu ide bisnis. kamu pun juga dapat mematangkan ide bisnis yang dimiliki dengan menuangkannya di Xcelerate Business Competition yang diselenggarakan detikcom bersama XL PRIORITAS.

Tak hanya itu saja, di acara ini kamu bisa mendapatkan beberapa insight soal bisnis dari pembicara yang ahli di bidangnya seperti Gofar Hilman, Muhammad Aga, dan Sonia Eyrika. Proses pendaftaran dan seleksi ide bisnis berlangsung dari 26 Oktober hingga 4 Desember 2020.

Nantinya detikcom dan XL PRIORITAS akan memilih 3 pemenang terbaik dan 3 peserta favorit untuk mendapatkan hadiah menarik, di antaranya Macbook Air 128 GB, kamera mirrorless Fujifilm X-A10, Samsung Tab A8, dan masih banyak lagi. Tunggu apalagi? Segera eksekusi ide bisnis kamu jadi nyata lewat program Xcelerate Business Competition di https://www.detik.com/lets-xcelerate.

(ads/ads)