Jangan Share Semua Rahasia Bisnismu, Termasuk ke Teman!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 11 Nov 2020 09:19 WIB
Working women at their store. They wearing casual clothing, accepting new orders online and packing merchandise for customer
Foto: iStock
Jakarta -

Pemilik akun Tik Tok Asah Pola Pikir Tjokro Wimantara atau akrab disapa Pak Win mengungkapkan dalam menjalankan usaha setiap industri memiliki cara yang berbeda untuk berjalan.

"Pebisnis itu kadang masih polos dan percaya jadi membicarakan resep rahasianya dan membuka ke orang. Kadang kita juga tidak tahu lawan bicara kita seperti apa, padahal mereka sedang menggali informasi dari kita," kata dia dalam acara D'Mentor, Selasa (10/11/2020).

Dia mengungkapkan, pebisnis juga harus berhati-hati dan mengunci rahasia bisnis agar kompetitor atau teman ini bisa menjaga hal tersebut.

Menurut Win dalam berbisnis bersama partner juga harus diperhatikan kebutuhannya. Misalnya jika ingin mendirikan usaha namun tidak terlalu memahami sektor tersebut maka partner bisa menjadi salah satu solusi.

"Kalau partner itu lebih ideal, bisnis yang besar juga biasanya berpartner seperti GoJek, Traveloka dan Tokopedia. Jarang sekali yang bisa mendominasi industri sendirian sampai besar," jelasnya.

Menurut Win jika berbisnis dengan teman juga harus memperhitungkan pembagian modal. Dia mencontohkan usaha pertama yang dilakukan pada 2014 membutuhkan modal sekitar Rp 900 juta karena itu modal dibagi ke 9 partner yang tergabung.

(kil/fdl)