Mau Buka Usaha Bareng Teman? Perhatikan Ini Dulu

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 11 Nov 2020 09:51 WIB
ilustrasi anak muda bisnis
Foto: shutterstock
Jakarta -

Memulai usaha bersama teman menjadi hal yang lumrah terjadi saat ini. Tapi sebelum mulai berusaha harus diperhatikan beberapa poin penting.

Hal ini untuk meminimalisir terjadinya konflik di tengah jalan usaha. Pemilik akun Tik Tok Asah Pola Pikir Tjokro Wimantara atau akrab disapa pak Win mengungkapkan hal-hal yang harus diperhatikan saat ingin usaha bareng teman adalah reputasi, argumentasi integritas.

"Jadi cek dulu reputasi teman atau partner usaha yang bukan teman. Lihat dulu dia pebisnis atau bukan. Kalau pernah bisnis bagaimana usahanya dulu, jika gagal apa yang menyebabkan itu," kata dia dalam acara D'Mentor, Selasa (10/11/2020).

Dia mengungkapkan reputasi ini juga perlu digali dari orang-orang terdekat. Hal ini untuk mengetahui lebih dalam apa saja bisnis atau pekerjaan yang pernah dilakukan sebelumnya. Menurut Win hal ini agar menjadi gambaran bagaimana perjalanan bisnis ke depannya.

Selain itu argumentasi juga menjadi hal yang penting. Menurut dia saat awal bisnis kadang sesama pendiri masih belum memahami jalan keputusan. Namun seiring berjalannya waktu argumentasi ini sangat dibutuhkan.

Kemudian juga harus diperhatikan sifat dari partner usaha. "Perlu tahu sifatnya mereka, seperti apa. Misalnya dominan, dia kalau mengeluarkan pendapat tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Coba diskusi satu hal dan gali pandangan yang dimiliki. Lihat argumentasi seperti apa. Apakah ngotot? Ini nanti akan mengikuti saat usaha," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2