Singles Day 11.11, China Siapkan 3 juta Pekerja, 4.000 Pesawat-Kapal

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 11 Nov 2020 10:34 WIB
Ilustrasi BELANJA online
Foto: shutterstock
Jakarta -

Tiga juta pekerja, empat ribu pesawat, dan kapal siap-siap untuk menyambut penjualan online terbesar dunia Singles Day in China yang juga dikenal sebagai 11.11.

Singles Day in China di 11 November ini adalah acara belanja online 24 jam terbesar di dunia. Tahun lalu sekitar 1,9 miliar produk dipesan dan dikirim. Kini masa pandemi diperkirakan permintaan dan jumlah produk yang terjual akan menciptakan rekor baru.

Merek-merek mewah juga berharap mendapatkan keuntungan, karena jutaan orang kini tidak dapat bepergian ke luar negeri. 11.11 kini menjadi ajang balas dendam konsumen untuk berbelanja selama di rumah aja.

"Merek-merek mewah juga meningkat kesempatan tersebut, dengan perkiraan dua kali lipat jumlah merek mewah akan berpartisipasi dalam Singles Day," kata Konsultan E-commerce dan Riset Pasar Agency China di Shanghai, Michael Norris, dikutip dari BBC, Rabu (11/11/2020).

Awalnya 11.11 dibuat oleh raksasa e-commerce Alibaba yang dibuat untuk merayakan Hari Valentine. Saingan belanja online Alibaba, JD.com, mengadakan acara serupa tetapi 11.11 Alibaba tetap menjadi terbesar dalam penjualan barang dan pendapatan.

Tahun lalu, nilai barang dagangan bruto pada 11.11 mencapai lebih dari US$ 31 miliar, dua kali lipat dari gabungan Black Friday dan Cyber Monday, dengan penjualan mencapai US$ 1 miliar dalam waktu satu menit perdagangan.

Tahun ini, Singles Day dimulai lebih awal dengan penjualan online antara 1 - 3 November untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat dari konsumen China. Hari ini 11.11 akan menampilkan 350.000 merek lokal dan internasional dan bahkan termasuk mobil dan rumah untuk dijual.

Cainiao, bagian logistik Alibaba, mengatakan pihaknya menggunakan lebih dari 3.000 penerbangan charter dan kapal kargo jarak jauh untuk membawa barang ke China. Tiga juta pekerja di Cainiao dan mitranya akan terlibat dalam logistik secara global di gudang dan pelabuhan.

Gudang logistrik juga akan menggunakan lebih dari 10.000 loker seluler untuk memungkinkan pelanggan mengambil paket tanpa kontak manusia. Cainiao juga berencana untuk mengoperasikan lebih dari 700 penerbangan carteran untuk mengirimkan paket ke luar China.

Kini produk kesehatan seperti vitamin dan pembersih diharapkan menjadi salah satu produk terlaris di Singles Day, mengingat saat ini masih dalam krisis kesehatan COVID-19.

Tahun lalu, barang impor paling populer termasuk makanan hewan, produk perawatan kesehatan dan kecantikan, dengan lonjakan 3.000% pada produk kecantikan untuk pria. Selain itu, ada juga sekitar 800.000 properti yang ditawarkan dengan diskon bersama 200.000 mobil dijual.



Simak Video "Kehebohan Netizen Hadapi Harbolnas 12.12"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)