Catat! Ini 5 Tips Biar Nggak Kalap Belanja saat Harbolnas 11.11

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 11 Nov 2020 13:05 WIB
Ilustrasi Belanja Online
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 11.11 tiba. Berbagai e-commerce kompak menawarkan promo besar-besaran dengan waktu terbatas. Hal ini tentunya sangat sayang untuk dilewatkan bukan?

Eits, tapi harus hati-hati, jangan sampai uang melayang begitu saja membeli yang bukan jadi kebutuhan Anda. Nah, untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut, yuk simak tips-tips belanja sebagai berikut:

1. Pikirkan Alasan Berbelanja

Menurut Peneliti Perilaku Konsumen dari Deakin Business School, Paul Harrison, penting bagi setiap konsumen untuk memikirkan terlebih dahulu alasannya membeli suatu barang baru. Dengan lebih kritis setiap hendak berbelanja akan membantu konsumen menyaring barang-barang yang akan dibelanjakannya.

"Konsumen harus mempertanyakan lagi 'seberapa bahagianya membeli produk yang sebelumnya saya beli? seberapa cocoknya dengan kebutuhan saya?," ujar Harrison dikutip detikcom dari ABC, Rabu (11/11/2020).

Harrison kemudian merekomendasikan setiap konsumen untuk membuat jurnal untuk mencatat semua barang-barang yang dibeli secara online selama beberapa bulan terakhir. Cara ini berguna untuk memahami seberapa besar pengaruh dari masing-masing barang yang sudah Anda beli.

2. Hati-hati Trik Marketing Online

Kerap kali saat berselancar di media sosial atau website tertentu, kita menemui iklan-iklan persis seperti yang diinginkan. Saat kita ingin punya furnitur baru, tiba-tiba di setiap medsos yang dibuka akan muncul iklan-iklan furnitur memenuhi layar. Padahal, kita tak benar-benar ingin membeli barang tersebut, pun ketika Harbolnas.

"Marketing online memberi Anda masalah yang sebelumnya tidak Anda duga. Prosesnya membuat Anda malah ingin membeli secepat mungkin, sehingga Anda tidak punya waktu untuk memikirkan apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut," terang Harrison.

Salah satu cara untuk menghindari jebakan marketing online tersebut adalah dengan cara tetap fokus memperlambat proses membeli barang tersebut. Cara lainnya, dengan mencatat barang tersebut ke daftar keinginan Anda atau selipkan dalam keranjang di platform online Anda untuk dibeli suatu saat nanti.

Dengan begitu, Anda bisa punya waktu lebih untuk memikirkan, apakah benar-benar membutuhkannya atau tidak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3