Harus Gimana Biar Nggak Khilaf saat Harbolnas 11.11?

ADVERTISEMENT

Harus Gimana Biar Nggak Khilaf saat Harbolnas 11.11?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 11 Nov 2020 13:27 WIB
Ilustrasi BELANJA online
Foto: shutterstock Ilustrasi Belanja Harbolnas 11.11
Jakarta -

Hari belanja online nasional (Harbolnas) 11.11 sudah tiba. Perayaan Harbolnas 11.11 ini menebar banyak diskon di berbagai macam platform penjualan online mulai dari e-commerce sampai toko online di media sosial.

Harga yang diberikan di Harbolnas 11.11 ini biasanya benar-benar menggiurkan. Diskon bisa mencapai 50% lebih. Bagaimana ya caranya supaya nggak khilaf di Harbolnas 11.11 ini?

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group (AAG) Andy Nugroho ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin berbelanja di Harbolnas 11.11 ini.

Misalnya mencari barang yang memang kebutuhan pokok saat Harbolnas 11.11 seperti sembako dan bahan makanan. Selain itu perhatikan apakah benar-benar sangat membutuhkan barang tersebut.

"Kalau tidak urgent untuk dimiliki, alias hanya kepengin. Usahakan tahan diri supaya tidak tergoda membeli," kata dia saat dihubungi detikcom, Rabu (11/11/2020).

Dia mengungkapkan jika godaan Harbolnas 11.11 dirasa terlalu kuat untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Jalan satu-satunya adalah tidak membuka aplikasi marketplace.

"Kalau nggak kuat nahan godaan (Harbolnas 11.11), mending nggak usah buka aplikasi marketplace dulu. Dalam kondisi ekstrem bisa diuninstall dulu sementara waktu," jelas dia.

(kil/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT