Awas Diskon Palsu di Harbolnas 11.11, Begini Cara Menghindarinya!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 11 Nov 2020 13:44 WIB
Beautiful caucasian woman excited when see the price tag on sale clothing fashion at the store, discount, shock price
Foto: iStock
Jakarta -

Hari belanja online nasional (Harbolnas) 11.11 menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Pasalnya pada festival Harbolnas 11.11 ini masyarakat bisa mendapatkan barang impian dengan potongan harga yang besar.

Harbolnas 11.11 biasanya dirayakan oleh para penjual di marketplace hingga pedagang online di media sosial. Diskon yang diberikan juga tak tanggung-tanggung ada yang sampai lebih dari 70%.

Tapi detikers harus waspada juga ya, kadang ada pedagang yang menaikkan harga dulu baru kemudian didiskon, terutama saat momen Harbolnas 11.11 seperti ini. Seolah harga lebih murah, padahal sama aja!

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group (AAG) Andy Nugroho mengungkapkan untuk meminimalisir terjebak di diskon bohongan itu, sebagai calon pembeli juga harus cermat. Pembeli bisa melakukan perbandingan harga.

"Bisa dengan membandingkan harga dulu antara satu penjual dengan penjual yang lainnya," kata dia saat dihubungi detikcom, Rabu (11/11/2020).

Dia mengungkapkan jika sudah memperhatikan harga barang yang sudah diincar. Maka harga akan lebih mudah dicek kebenarannya.

"Misalnya kita sudah mengincar barang sejak beberapa hari sebelum Harbolnas 11.11. Lalu saat Harbolnas 11.11 kita bisa tahu harga tersebut benar didiskon atau tidak," jelasnya.

Lanjut halaman berikutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2