Wajib Teliti Saat Belanja di Harbolnas 11.11

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 11 Nov 2020 15:38 WIB
Online payment. Hands of woman using mobile smartphone and laptop computer for online shopping.
Foto: iStock
Jakarta -

Hari belanja online nasional (Harbolnas) 11.11 menjadi momen menyenangkan untuk para calon pembeli. Pasalnya banyak penjual yang memberikan diskon gila-gilaan di tanggal ini.

Pakar marketing dan brand Yuswohady mengungkapkan calon pembeli juga harus teliti saat membeli. Hal ini jangan sampai menjadi rugi, karena tidak melakukan perbandingan saat ingin membeli sebuah barang.

"Ada pembeli yang impulsif, mereka melihat ada diskon 70% - 80% (di Harbolnas 11.11) langsung beli. Tidak melihat dulu histori sebelumnya bagaimana? Harga toko lain seperti apa," kata dia saat dihubungi detikcom, Rabu (11/11/2020).

Dia mengungkapkan selain itu di masa resesi ini juga calon pembeli pasti melakukan seleksi terhadap pembelian dan mengutamakan kebutuhan pokok di Harbolnas 11.11.

"Daya beli memang sedang turun, orang pasti lebih mengutamakan kebutuhan pokok dulu ya. Sekarang kebutuhan sepatu dan baju berkurang. Nah ini juga harus teliti dalam memetakan kebutuhan," jelas dia.

Menurutnya, supaya tidak kalap saat berbelanja di Harbolnas 11.11 calon pembeli harus memastikan kebutuhan barang tersebut. Kemudian membandingkan produk dengan produk yang lain.

(kil/fdl)