Pebisnis Korea Cari Cara Kembangkan Pasar di Tengah Pandemi COVID

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 12 Nov 2020 11:42 WIB
Gimhae Industry Promotion
Foto: Gimhae Industry (istimewa)
Jakarta -

Gimhae Industry Promotion tengah mendorong upaya untuk mendukung masuknya pasar luar negeri tanpa bertatap muka bagi perusahaan alat kesehatan yang mengalami kesulitan dalam pemasaran di luar Korea dikarenakan COVID-19.

Sejalan dengan sikap New Southern Policy oleh pemerintah, proyek yang akan dilaksanakan terutama di Vietnam dan Indonesia yang merupakan negara-negara besardi ASEAN, terdiri dari program dua tahap, mendukung pengembangan katalog elektronik berbahasa lokal per perusahaan, dan ilustrasi gambar 2D/3D, dan berdasarkan hasil, adalah proyek untuk mendorong ekspor melalui sesi konsultasi ekspor video konversi 1:1 dan pameran online dan Social Media.

Negara berkembang ASEAN seperti Vietnam dan Indonesia adalah pasar muda dan dinamis dengan usia rata-rata 30 tahun, dan tumbuh menjadi pasar yang menarik, dengan pasar konsumen yang tumbuh lebih dari 15 persen setiap tahun. Dalam beberapa tahun terakhir, Vietnam dan Indonesia disorot sebagai basis produksi dengan upah rendah, tetapi sekarang kelas menengah berkembang pesat, dan nilainya sebagai pasar konsumen juga meningkat.

Kami bertekad untuk memperluas pasar luar negeri dengan mengadakan pameran produk melalui Social Media yang disesuaikan dari tujuh perusahaan domestik, termasuk Young Chemical Co., Ltd., yang terkenal dengan band Pororo-nya, dan dengan mengundang serta memanfaatkan influencer dan pakarlokal yang terkenal, serta streaming siaran langsung.

Secara khusus, proyek untuk memasuki pasar luar negeri melalui siaran langsung dan memberikan informasi tentang produk online melalui Social Media, di mana kaum muda utama aktif, dirancang untuk melanjutkan ledakan Gelombang Korea dengan perangkat K-medis dengan merek produk perangkat medis Korea.

Sehingga dapat mengarah pada konsumsi lokal, sekaligus mengedepankan karakteristik dan keunggulan produk melalui bincang-bincang oleh para ahli medis seperti dokter, profesor, dan direktur rumah sakit.

Untuk meminimalisir kesalahan dalam strategi lokalisasi dan segmen pasar, perusahaan akan bersama-sama melakukan perencanaan konten dan penemuan pembeli dengan agensi online lokal yang terkenal, sambal memberikan review dan survei tentang pengalaman masyarakat lokal yang sebenarnya terhadap produk untuk menuntut perusahaan agar dapat digunakan sebagai data untuk peningkatan produk dan strategi penetrasi pasar di masa depan.

Pada awal November, perusahaan akan menyelesaikan produksi konten lokal, menjalankan program konsultasi ekspor video konversi 1:1 antara pembeli pada pertengahan November, dan mengoperasikan showroom di Ho Chi Minh, Vietnam, dan Jakarta, India, di mana peserta dapat memeriksa produk mereka di tempat selama sekitar satu bulan untuk mendukung keberhasilan proses ekspor.

"Karena diperkirakan akan membutuhkan waktu lama untuk meredakan epidemi setelah penyebaran COVID19, kami akan meminimalkan kesenjangan dalam kemajuan perusahaan perangkat medis di luar negeri yang sangat baik melalui Social Media, mencocokkan pembeli, dan mengoperasikan ruang pameran lokal, dan mengembangkannya menjadi model perluasan keluar negeri untuk perusahaan yang kekurangan sumberdaya manusia, seperti menemukan dan menyebarkan kasus dukungan yang berhasil," kata presiden Gimhae Industry Promotion, Yoon Jung-won, Rabu (11/11/2020).

(dna/dna)