Labuan Bajo yang Baru Siap Dibuka Februari 2021

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 12 Nov 2020 21:40 WIB
Desain Pulau Rinca.
Foto: (dok HAP/Instagram)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo yang baru siap dibuka awal tahun depan. Ia memperkirakan wisata ini bisa dibuka pada bulan Februari atau Maret 2021.

"Saya pikir Labuan Bajo dalam tahun depan Februari atau Maret," ujar Luhut dalam acara Simulasi Health Safety and Security Protocol Destinasi Super Prioritas, Kamis (12/11/2020).

Destinasi wisata ini rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Presiden merencanakan akan datang sendiri meresmikan Labuan Bajo yang baru," tuturnya.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan Labuan Bajo akan menjadi contoh pembangunan infrastruktur terpadu dan berkualitas bagi kawasan wisata prioritas lainnya. Saat ini, Labuan Bajo dalam proses perbaikan baik dari segi infrastruktur hingga segi kesehatan dan keamanan wisatanya.

"Bagusnya saya lihat program dari pemerintah pusat PUPR, kampung yang ada di sini semua diperbaiki," tambahnya.

Untuk itu, dia pun mengimbau pemerintah daerah untuk menjaga wilayahnya yang sedang dalam proses perbaikan tersebut. Sekaligus mendorong Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mempertimbangkan Labuan Bajo ini sebagai zona hijau.

"Saya sampaikan ke Menpar, perlu kita pertimbangkan green zone, tidak hanya bicara Bali, ini juga bisa tinggal kita hitung runway-nya perlu diperpanjang sehingga ada direct flight bisa dari Australia misalnya, tapi tidak perlu terburu-buru," tuturnya.

(dna/dna)