Dear Para Sultan, Belanja Dong Biar RI Keluar dari Jurang Resesi

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 14 Nov 2020 12:30 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Tingkat konsumsi rumah tangga menjadi salah satu cara mengangkat Indonesia keluar dari jurang resesi. konsumsi rumah tangga memiliki kontribusi terbesar dalam pembentukan produk domestik bruto (PDB).

Itu artinya, jika konsumsi rumah tangga positif maka ekonomi nasional pun akan pulih kembali. Peneliti dari Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Yusuf Rendy Manilet mengatakan kelompok menengah atas alias orang kaya di Indonesia sampai saat ini masih menahan belanja karena khawatir dengan kasus COVID-19 di tanah air.

"Kelompok ini akhirnya menahan untuk melakukan konsumsi, artinya kelompok ini mempunyai privilege untuk tetap di rumah," kata Yusuf saat dihubungi detikcom, Jakarta, Sabtu (14/11/2020).

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan tingkat konsumsi rumah tangga berada di level minus 4% pada kuartal III-2020. Angka tersebut membaik dibandingkan pada kuartal sebelumnya yang minus 5%.

Yusuf mengatakan, kelompok menengah atas atau 20% teratas ini memiliki kontribusi terhadap konsumsi cukup besar yaitu sekitar 40%. Oleh karena itu, kegiatan berbelanja atau berkonsumsi kembali bisa memberikan dampak besar terhadap pemulihan ekonomi nasional.

"Proporsi persentase kelompok ini terhadap total pengeluaran mencapai 40%. Jadi cukup besar untuk kemudian mempengaruhi konsumsi rumah tangga," jelasnya.

Peran orang tajir mendongkrak konsumsi sangat penting. Langsung klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2