Pelabuhan Tersibuk di Inggris Lagi 'Kacau', Kenapa Tuh?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 16 Nov 2020 11:08 WIB
Pelabuhan Sunda Kelapa tampak ramai oleh aktivitas warga di sore hari. Ada yang sibuk melakukan bongkar muat dari kapal atau menikmati sore dengan bermain air.
Foto: Grandyos Zafna Ilustrasi Pelabuhan
Jakarta -

Perusahaan pengapalan dan pengangkutan mengeluhkan adanya 'kekacauan' di Pelabuhan Felixstowe di Suffolk, Inggris. Kekacauan salah satu pelabuhan tersibuk di Inggris ini akan berpengaruh pada pengiriman barang-barang jelang Natal.

Satu kapal yang akan dibongkar di pelabuhan minggu lalu dialihkan ke Rotterdam karena penundaan yang tidak diterima.

Seperti diberitakan BBC, Senin (16/11/2020), pemiliknya yakni Hutchison Ports menyalahkan penimbunan sebelum Brexit dan pandemi. Manajer kargo Matt Hudson mengingatkan jika kekacauan berlanjut, kenaikan harga pengiriman akan diteruskan ke konsumen.

Hudson, yang perusahaannya mendistribusikan barang yang diambil di pelabuhan mengatakan, peti kemas ditinggalkan di sisi dermaga karena perusahaan pengangkutan tidak dapat memesan slot untuk memasuki lokasi.

"Ini menunda pengiriman ke toko untuk dibeli konsumen. Toko-toko sedang berjuang saat ini karena dampak dari virus korona," katanya.

"Jika gerai ritel tidak dapat menjual apa yang sebenarnya sedang dalam perjalanan pada saat Natal, mereka berpotensi kehilangan lebih banyak uang daripada yang telah mereka lakukan tahun ini," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2