Mengintip Strategi Erick Thohir Dongkrak Kinerja BUMN

Tim detikcom - detikFinance
Minggu, 15 Nov 2020 12:51 WIB
pelindo III
Foto: pelindo III
Jakarta -

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo U Saefudin Noer mengatakan, keluarga besar Pelindo III Grup harus memiliki semangat dan mengimplementasikan nilai-nilai inti budaya baru BUMN yaitu AKHLAK yang ternyata mampu meningkatkan kinerja perusahaan.

Core Values AKHLAK yang diangkat oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merupakan fondasi penting untuk bekerja yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

"Saya mencermati ketika PT BIMA menerapkan nilai-nilal AKHLAK tersebut terutama dalam setahun terakhir kinerja meningkat signifikan," ujar Saefudin, dalam sambutannya pada acara Consumer Gathering sekaligus ulang tahun PT. Berkah Industri Mesin Angkat (BIMA) salah satu cucu Perusahaan Pelindo III di Pandaan, Jawa Timur, Jumat (13/11/2020).

"Implementasi amanah misalnya yaitu memegang teguh kepercayaan yang diberikan membuat PT BIMA terus mendapat kepercayaan dari Pelindo III grup dibidang pemeliharan alat-alat berat terutama mesin angkat bahkan PT BIMA mendapat kepercayaan di bidang pekerjaan sipil yang ternyata mampu diselesaikan dengan baik," ujarnya.

"Demikian pula ketika manajemen BIMA selalu adaptif dan kolaboratif kepuasan pengguna jasa meningkat. Ini membuktikan Core Values AKHLAK ketika diterapkan dengan sungguh-sungguh ternyata mampu meningkatkan kinerja," tambah Saefudin.

"Itulah mengapa saya selalu ingatkan agar seluruh perusahaan dalam Pelindo III group untuk menerapkan Core Values AKHLAK dalam setiap pelaksanaan tugasnya," kata dia.

Sebelumnya, dalam paparan Direktur Utama BIMA Andriyudha Siahaan menyampaikan serangkaian kinerja perusahaan setahun terakhir.

"Dari awalnya ketika didirikan lima tahun lalu BIMA bergerak di bidang pemeliharaan dan pengadaan suku cadang namun setahun terakhir kami mampu menyelesaikan pekerjaan sipil termasuk mekanikal dan elektrikal. Kami berusaha selalu amanah, adaptif dan kolaboratif dalam setiap pekerjaan yang kami lakukan," ujarnya.

"Sejauh ini, kami BIMA telah berhasil melewati target 85 persen kesiapan alat per Regional, bahkan ada yang mencapai 93 persen, ini tidak terlepas dari kolaborasi seluruh pihak," ujar Andri.

Ia menambahkan, capaian keberhasilan BIMA pada beberapa pekerjaan menjadi dasar untuk melanjutkan komitmen perusahaan dalam menjadi 'Total Engineering Services dengan Worlds Class Standart'.

Improvement terus dilakukan sebagai langkah strategis BIMA dalam menampung ekspektasi pelanggan. Kritik dan masukan juga di menjadi sorotan utama untuk peningkatan pelayanan BIMA. Pengembangan sistem informasi teknologi dan pengembangan sumber daya manusia yang berkompeten melalui sertifikasi keahlian menjadi langkah awal BIMA dalam menguatkan kinerjanya.

Dalam kesempatan itu juga diluncurkan logo baru BIMA sebagai bentuk komitmen baru untuk mencapai kinerja yang lebih unggul. Turut hadir dalam acara tersebut jajaran Direksi Pelindo III, Direksi PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) Port dan anak serta cucu perusahaan Pelindo III lainnya.

(dna/dna)