Mau Jadi Maskapai Top 10 Dunia, Korean Air Bakal Beli Asiana Rp 31 T

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 16 Nov 2020 11:36 WIB
Korean Air
Foto: Maskapai Korean Air (Reuters)
Jakarta -

Maskapai penerbangan ternama Korea Selatan, Korean Air Lines Co mau membeli maskapai Asiana Airlines Inc senilai 2,5 triliun won setara Rp Rp 31,8 triliun (kurs Rp 12,76). Transaksi ini akan mengirimkan Korean Air sebagai maskapai terbesar ke-10 di dunia.

Dikutip dari Yonhap News, Senin (16/11/2020) untuk mendapatkan dana atas transaksi tersebut, Korean Air akan menjual sahamnya senilai 2,5 triliun won dan mendapatkan suntikan dari perusahaan induknya Hanjin KAL Corp senilai 800 miliar won.

Saat ini Korean Air adalah maskapai penerbangan terbesar ke-18 di dunia. Maskapai itu juga akan membeli 30,77% saham Asiana Airlines melalui Korea Development Bank (KDB).

September lalu, Kreditor Asiana KDB dan Bank Ekspor Impor Korea membatalkan kesepakatan untuk menjual Asiana ke HDC Hyundai Development Co. Kesepakatan itu batal karena banyak perbedaan persyaratan kesepakatan dan krisis pandemi COVID-19.

HDC awalnya menandatangani kesepakatan untuk mengakuisisi Asiana senilai 2,5 triliun won. Tetapi HDC menuntut negosiasi ulang, mereka ingin persyaratan kesepakatan harus mempertimbangkan dampak pandemi pada industri penerbangan.

(fdl/fdl)