ADVERTISEMENT

China Perketat Impor Makanan Beku, 4 Negara Ini Geram

Vadhia Lidyana - detikFinance
Selasa, 17 Nov 2020 22:11 WIB
Ilustrasi bendera China/ebcitizen.com
Foto: Internet/ebcitizen.com

Di sisi lain, Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization menyatakan, sulit untuk mengetahui rute penularan dari makanan maupun kemasan. Namun, China bersikukuh menyatakan makanan beku dapat menjadi sumber penyebaran virus di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Oleh sebab itu, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern turut mempertanyakan mekanisme pengujian China pada produk makanan beku. Hal itu dilontarkan Ardern setelah China mengumumkan adanya kontaminasi virus Corona pada daging beku Selandia Baru.

Namun, Ardern meyakini tak ada kontaminasi virus dari produk yang diekspor negaranya. Sayangnya, China tak lagi memberikan klarifikasi.

Selain Ardern, pejabat Kementerian Pertanian Brasil juga tak memperoleh laporan lebih lanjut dari pemeriksaan China. Padahal, pejabat dari Brasil itu telah terbang ke Shenzhen untuk memeriksa langsung jejak virus yang disebut China terdeteksi dari sayap ayam yang diimpor dari Brasil.

Menurut keterangan dari Kementerian Pertanian Brasil, otoritas China tidak dapat memberikan informasi apakah virus yang dideteksi aktif atau tidak.

Menanggapi seruan keras di WTO, China mengatakan seluruh tindakannya dilakukan berdasarkan mekanisme ilmiah, dan bertujuan melindungi kehidupan warganya semaksimal mungkin.


(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT