Wusss... Sirkuit Mandalika Bakal Diuji Coba Juli 2021

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 18 Nov 2020 09:48 WIB
Render Sirkuit MotoGP Mandalika
Foto: Dok. MGPA
Jakarta -

Pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) terus dikebut siang-malam meski ada pandemi virus Corona (COVID-19). Pasalnya, sirkuit itu akan digunakan tahun depan sehubungan Indonesia yang jadi tuan rumah MotoGP 2021.

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku penyelenggara menyebut pembangunan arena MotoGP Mandalika secara keseluruhan akan rampung Juni 2021. Selanjutnya, pada Juli akan dilakukan uji coba sirkuit oleh pembalap untuk persiapan perhelatan MotoGP 2021 di akhir tahun.

"Kami punya target (bersama PT) PP (Persero) Tbk itu perusahaan yang memang sudah besar dan kita percaya sama mereka untuk hal ini. Juni maksimal harus sudah selesai karena Juli akan dilakukan testing oleh pembalap yang ditunjuk oleh Dorna (Sports). Baru nanti kita tentukan lagi di Oktober atau di November kita bisa running untuk balapan musim 2021," kata Chief Strategic and Communication Officer MGPA, Happy Harinto saat wawancara khusus bersama detikcom, Selasa (17/11/2020).

Dorna Sports sendiri telah merilis jadwal sementara MotoGP 2021 dan Indonesia berada dalam daftar reserve date, yang artinya Indonesia dapat memilih tanggal pelaksanaan balapan di bulan yang ditetapkan, di antara Oktober atau November 2021.

Saat ini progres konstruksi sirkuit MotoGP Mandalika per 7 November 2020 sudah mencapai 87,5% untuk groundwork dan 97,31% untuk progres ground improvement. Sedangkan progres pengaspalan yang lapisannya mencapai 22 cm baru 23,7%. Ada pembangunan yang diperkirakan bulan depan sudah selesai yakni dua tunnel (terowongan) besar.

"Kita punya tunnel yang sudah kita kerjakan. Ada tunnel sisi utara panjangnya sekitar 65,5 meter, tunnel di bagian selatan itu juga sudah hampir selesai dengan panjang 119,4 meter dengan kedalaman itu 6 meter. Dua tunnel besar tuh megastructure Desember besok sudah selesai, insyaAllah akhir Desember besok," ucapnya.

Pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika ini sempat terkendala oleh dampak pandemi COVID-19. Pembatasan tenaga kerja karena harus mengikuti protokol kesehatan, hingga telatnya material bangunan karena ada pembatasan wilayah membuat pembangunan tersebut sempat molor.

"Karena memang kita harus ngikutin protokol COVID dari pemerintah dan protokol COVID yang sudah ditentukan untuk membangun sirkuit itu seperti apa. Persiapan protokol itulah yang membuat terhambat, delivery material dari luar pulau terhambat dan sebagainya tapi itu hanya 1-2 bulan," imbuhnya.

Jika tidak ada halangan, Dorna dan Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) bakal sambangi Indonesia pada Februari 2021 mendatang. Hal itu dilakukan untuk memeriksa kesiapan sirkuit Mandalika yang masih berstatus subject to homologation, yang berarti wajib memenuhi persyaratan dan spesifikasi dari FIM untuk menyelenggarakan MotoGP 2021.

"Jadi grade-nya di dalam sirkuit itu kita punya grade macam-macam, FIM itu punya sirkuit grade A, grade B, grade C, grade D, sampai F. Sirkuit kita, sirkuitnya Indonesia yang ada di pulau Lombok Mandalika ini masuk di dalam grade A. Jadi di dalam sebuah sirkuit baru kita butuh di homologasi," jelasnya.

FIM akan mengecek berbagai fasilitas pendukung MotoGP 2021 seperti paddock atau area penonton di sirkuit, gravel atau area bebatuan kerikil, pit, run-off area, fasilitas medis, paramedis, hingga fasilitas lainnya yang masih banyak lagi.

(zlf/zlf)