Ingat Guys, Jangan Tunda Bisnis Cuma karena Nggak Ada Modal!

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 18 Nov 2020 11:02 WIB
ilustrasi anak muda bisnis
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

Menunda untuk usaha tidak bisa lagi karena alasan tidak punya modal. Pasalnya, jika ditelusuri banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghasilkan keuntungan tanpa perlu mengeluarkan modal.

Seperti yang dijalankan Christopher Sebastian, lulusan SMA itu sekarang menjadi Founder & CEO dari Makko Group yang memiliki empat lini bisnis besar. Salah satu bisnis yang didirikan terakhir yakni di sektor alat kesehatan (alkes), yang dijalankan tanpa modal awal karena lahir kepepet adanya pandemi.

"Pada saat saya pandemi membuka industri alkes modal saya 0, nggak ada modal sama sekali karena perusahaan (lainnya) sudah drop karena ada PSBB dan lain-lain. Saya nggak punya background alkes, (kalau) harus belajar alkes, mempelajari produk alkes, nggak mungkin, nggak ada waktu nggak akan keburu," ucapnya dalam program d'Mentor di detikcom, Selasa (17/11/2020).

Saat itu, Christopher mulanya hanya memanfaatkan relasi dari teman. Dia bersama timnya hanya menjadi reseller untuk menjual produk alkes temannya selama satu bulan.

"Saya datang, saya hubungi teman-teman saya yang memang dia expert dan kerjanya di alkes. Mereka yang bermain di masker, hand sanitizer, jadi kita sebagai reseller-nya mereka. Tim sales saya semua jualan, di posting di sosmed, akhirnya berangsur barulah saya ada pemasukan, dari situ saya membuat produk sendiri," imbuhnya.

Dia membenarkan setiap usaha memang butuh modal. Namun tidak selalu modal tersebut berbentuk uang.

"Memang setiap usaha perlu modal, tapi belum tentu modalnya uang. Kita bisa memanfaatkan teman-teman relasi kita, yang terpenting selama kalian menjalani ini semua harus dijaga. Dalam berbisnis juga harus jujur," tandasnya.

(eds/eds)

Tag Terpopuler