660.000 Pekerjaan di Sektor Ini Diprediksi Hilang Gegara Corona

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 18 Nov 2020 11:45 WIB
Pengangguran
Foto: Fuad Hasim
Jakarta -

Pandemi COVID-19 telah menyebabkan hilangnya sekitar 660.000 pekerjaan di sektor perhotelan Inggris sepanjang tahun ini. Menurut Kepala Perhotelan Inggris Kate Nicholls, pada akhir 2019 sektor tersebut adalah pemberi kerja terbesar ketiga di Inggris.

Dikutip dari BBC, Rabu (18/11/2020), saat itu, industri ini diperkirakan dapat menciptakan satu dari enam pekerjaan baru tahun 2020 ini, akan tetapi karena adanya pandemi COVID-19 datanya malah menunjukkan hasil yang berbeda.

Tahun ini, sekitar 20% dari 3,2 juta pekerjaan di sektor tersebut malah hilang dan pendapatan sektor ini ikut turun 40% dibanding tahun lalu.

Setiap tahun, sektor ini akan menikmati masa-masa emasnya setiap perayaan Halloween dan Malam Tahun Baru. Setiap masa-masa itu, sektor ini dapat meraup sepertiga pendapatan tahunannya dalam waktu singkat. Akan tetapi, tahun ini masa emas itu tidak bisa dinikmati. Sebaliknya, selama momen itu datang, sektor ini malah dalam perawatan intensif.

Industri lainnya yang juga mengalami penderitaan serupa adalah sektor ritel. Pimpinan Konsorsium Ritel Inggris Helen Dickinson OBE mengatakan bahwa sektor ritel ini telah banyak kehilangan pekerjaan mulai dari peritel besar, kecil hingga toko-toko pakaian dan alas kaki lainnya.

"Saya berbicara dengan satu bisnis kemarin, omset mereka turun dari US$ 200 juta menjadi US$ 160 juta," kata Helen.

(fdl/fdl)