Edhy Prabowo Juga Lagi di AS, Ikut Rombongan Luhut?

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 19 Nov 2020 11:55 WIB
Menteri KKP Edhy Prabowo
Foto: dok KKP
Jakarta -

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diketahui tengah melakukan kunjungan ke Amerika Serikat (AS) dan bertemu langsung dengan Donald Trump. Sekarang giliran Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo yang melakukan perjalanan dinas ke AS.

Hal itu diketahui saat Edhy menjadi pembicara dalam acara Jakarta Food Security Summit-5. Ternyata dia hadir secara virtual langsung dari kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Los Angeles, AS.

"Terima kasih Bu Retno lagi saya di kantor cabang ibu. Kebetulan saya sedang tugas untuk menuju ke Hawaii," ucapnya dalam acara JFSS-5, Kamis (19/11/2020).

Edhy menuju Hawaii ternyata dalam rangka mengunjungi acara Ocean Institute. Acara itu merupakan wadah penelitian untuk seluruh jenis udang. Edhy menjelaskan dalam acara itu juga terdapat berbagai perusahaan yang memiliki great grandparents dari berbagai jenis udang termasuk udang vaname.

"Jadi buyutnya induk udang. Di sini dia bekerjasama dengan swasta karena ini diinisiasi dengan pemerintah Amerika. Jadi dia bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan swasta Amerika, yang kemudian masing-masing perusahaan ini punya mitra lagi ke perusahaan lain. Mungkin ada yang sudah ke Indonesia," terangnya.

Nah, Edhy berencana untuk melakukan nota kesepahaman (MoU) dengan para perusahaan itu. Tujuannya untuk memastikan stok kebutuhan bahan untuk bibit udang yang tengah dikembangkan oleh Indonesia.

"Nah saya ingin memastikan, kita ingin semakin mempertajamkan. Jadi jangan ada ketergantungan. Nanti kita kesulitan, induk ini nanti susah kita dapat. Nah saya akan langsung melakukan MoU. Ini bisa menjadi jaminan kepada para pelaku usaha untuk kepastian bibit udang sendiri," tutupnya.

(das/fdl)