Selain PHK, United Airlines Mau Pangkas 55% Jadwal Penerbangan

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 20 Nov 2020 10:48 WIB
Tim Boyle/Getty Images
Foto: Getty ImagesTim Boyle/Getty Images
Jakarta -

Maskapai asal Amerika Serikat (AS) United Airlines berencana memangkas jadwal penerbangan pada kuartal IV hingga 55%. Sejak kasus pandemi COVID-19 AS melonjak, United mencatat pemesanan tiket pesawat makin anjlok.

Dikutip dari CNN, Jumat (20/11/2020) jumlah kasus COVID-19 di AS meningkat cepat dan mencapai level rekor dalam seminggu terakhir. Ada 170 ribu kasus positif baru yang dilaporkan Rabu lalu. Angka kematian juga mencapai 250 ribu orang. Kini banyak negara bagian yang melakukan lockdown lagi.

Sebelumnya maskapai penerbangan AS berharap menjelang Thanksgiving orang AS akan melakukan perjalanan udara. Namun, Pusat Pengendali Penyakit atau Centers for Disease Control mengimbau masyarakat untuk di rumah saja.

United Airline adalah maskapai penerbangan AS pertama yang memangkas jadwal domestiknya sejak Maret ketika kasus positif COVID-19 AS mulai memengaruhi perjalanan udara.

Maskapai AS lainnya juga melaporkan penurunan pemesanan baru-baru ini. Kepala Pendapatan American Airlines (AAL), Vasu Raja mengatakan maskapai penerbangannya juga mengalami penurunan penjualan tiket. Namun, American masih menambahkan penerbangan minggu depan untuk Thanksgiving, dari sekitar 3.500 per hari menjadi lebih dari 4.000.

Southwest (LUV) juga mengatakan telah mengalami perlambatan dalam meningkatkan pendapatan untuk periode November dan Desember.

Sebelumnya diberitakan, United Airlines adalah salah satu dari sekian banyak maskapai di AS yang melakukan PHK dan merumahkan karyawannya imbas dari Pandemi COVID-19.

(zlf/zlf)