Sudah Sejahtera, Ribuan Penerima PKH di Purbalingga Kembalikan Bantuan

Arbi Anugrah - detikFinance
Jumat, 20 Nov 2020 19:50 WIB
8,99 Persen Penerima PKH Purbalingga Mengundurkan Diri Karena Sudah Bisa Hidup Sejahtera
Foto: Dok. Humas Pemkab Purbalingga
Jakarta -

Sebanyak 5.390 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Purbalingga hingga Oktober 2020 dinyatakan mentas atau graduasi sebagai penerima PKH. Graduasi tersebut, baik karena sudah tidak memenuhi lagi unsur penerima PKH maupun mengundurkan diri karena merasa sudah bisa hidup sejahtera dan mandiri secara ekonomi, tanpa menerima lagi bantuan dari PKH.

"Dalam rangka pelaksanaan PKH target graduasi 10 persen dari total populasi (penerima), maka Kabupaten Purbalingga tercatat sudah mengraduasi 5.390 KPM atau 8,99 persen jadi sampai Desember diperkirakan bisa 10 persen," Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Kemensos RI Pepen Nazaruddin dalam pesan tertulisnya kepada wartawan di Purbalingga, Jumat (20/11/2020).

Menurut dia, tahun 2020 ini Kementerian Sosial RI telah mengucurkan dana PKH sebanyak Rp 189 miliar dan disalurkan kepada 59.901 KPM untuk Kabupaten Purbalingga.

Pada kesempatan ini juga diberikan penghargaan dari Mensos RI Juliari P Batubara kepada para pendamping PKH di Purbalingga yang terbanyak melakukan Graduasi Sejahtera Mandiri kepada KPM. Diantaranya Jarot Sasongko dengan KPM Graduasi Mandiri Sejahtera sebanyak 80 KPM dan Ratih Dewi P dengan KPM Graduasi Mandiri Sejahtera sebanyak 74 KPM.

Selanjutnya
Halaman
1 2