Terbang Makin Gampang, Garuda Sediakan 150 Titik Swab Test

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 23 Nov 2020 21:15 WIB
Petugas melakukan uji Swab Antigen atau PCR di Swab Drive Thru Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Bintaro, Tangerang, Jumat (20/11/2020). Dengan penyediaan fasilitas ini membuat masyarakat lebih nyaman dan aman tanpa harus kontak dengan banyak orang.
Ilustrasi Swab Test (Foto: Grandyos Zafnas)
Jakarta -

Maskapai PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyediakan lebih dari 150 titik layanan laboratorium dan rumah sakit rujukan resmi pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR)/swab test COVID-19. Layanan tersebut merupakan jaringan dari 10 penyedia layanan pemeriksaan PCR/swab test mengacu kepada rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang tersebar di lebih dari 40 kota di Indonesia.

Melalui penyediaan layanan pemeriksaan resmi PCR/swab test tersebut, terhitung mulai tanggal 26 November 2020 mendatang seluruh calon penumpang Garuda Indonesia yang akan melaksanakan penerbangan rute internasional dapat melakukan pemeriksaan PCR/swab test di layanan rujukan resmi tersebut. Layanan itu melengkapi dokumen perjalanan pada rute penerbangan internasional sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan oleh otoritas kesehatan dan penerbangan.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, langkah itu merupakan upaya untuk mempermudah penumpang.

"Penyediaan rujukan resmi layanan pemeriksaan PCR/ swab test ini merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia dalam menyediakan layanan penerbangan yang aman dan nyaman kepada seluruh penumpang-khususnya pada rute internasional dengan memberikan kemudahan pemenuhan dokumen perjalanan melalui pilihan layanan pemeriksaan PCR/swab test yang terpercaya bagi calon penumpang sesuai dengan rekomendasi dari Kemenkes RI," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (23/11/2020).

"Hingga saat ini kami telah menyediakan lebih 150 titik layanan rujukan resmi pemeriksaan PCR/swab test yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Ke depannya, jumlah tersebut akan terus kami update secara berkala sesuai rekomendasi Kemenkes RI, sehingga pilihan layanan pemeriksaan PCR/swab test bagi calon penumpang dapat semakin beragam," sambungnya.

Adapun kesepuluh penyedia jaringan pelayanan pemeriksaan PCR/swab test tersebut terdiri dari RS Pertamina-IHC Group, RS Siloam Hospital, RS Bunda, Lab Prodia, Lab Tirta Medical Centre, RS Primaya/RS Awal Bros, LabKlinik Kimia Farma, RSU Tabanan Bali, RSUD Bali Mandara, dan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai daftar laboratorium dan rumah sakit rujukan resmi pemeriksaan PCR/swab test Garuda Indonesia, calon penumpang dapat mengunjungi laman http://www.garuda-indonesia.com/PCRtest atau menghubungi contact center 24 jam Garuda Indonesia di 021-23519999 atau 08041807807. Calon penumpang juga bisa memantau lewat akun resmi media sosial Garuda Indonesia di Twitter @IndonesiaGaruda, Instagram @Garuda.Indonesia dan Facebook di Official Garuda Indonesia.

(acd/dna)