Nasib 34.954 Guru Honorer Belum Diangkat Jadi PPPK

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 25 Nov 2020 06:42 WIB
Seorang guru sekolah dasar mengajar pelajaran agama di rumah muridnya di Kelurahan Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (15/9/2020). Pembelajaran kelompok kecil di rumah siswa sekali dalam sebulan tersebut sebagai evaluasi penguasan materi pelajaran sekaligus upaya penyegaran agar siswa tidak bosan mengikuti pembelajaran jarak jauh.
Foto: ANTARA FOTO/Syaiful Arif
Jakarta -

DPR RI kemarin menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan perwakilan pemerintah membahas nasib 34.954 guru eks tenaga honorer yang telah lulus menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) setara PNS/ASN.

Nasib mereka masih terombang-ambing karena setelah lulus seleksi pada 2019 tak kunjung diangkat menjadi PPPK. Komisi X pun meminta penjelasan pemerintah soal itu.

"Kami mohon nanti mendapatkan penjelasan dari beberapa pertanyaan yang sudah kami rumuskan, kapan (guru honorer yang lulus) akan diangkat dan di-SK-kan guru-guru yang sudah lolos seleksi PPPK ini tahun 2019 yang lalu," kata Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda dalam rapat, Selasa (24/11/2020).

DPR juga ingin mengetahui bagaimana kesanggupan pemerintah daerah terkait skema penganggaran dari APBD untuk guru yang lulus menjadi PPPK.

"Kami sangat berharap walaupun belum ada jawaban dari Bapak/Ibu sekalian, semoga Desember akhir 34.954 guru yang sudah lolos tahun 2019 semoga sudah ada kejelasan surat keputusan pengangkatan beliau-beliau itu," ujarnya.

Apa kata pemerintah soal nasib puluhan ribuan guru honorer tersebut? Baca di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2