Meramal Harga Sepeda Mahal yang Jadi Barbuk Penangkapan Edhy Prabowo

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 26 Nov 2020 14:57 WIB
Specialized S-Works Roubaix dari kasus terkait Edhy Prabowo? (Repro detikcom, Antara, Specialized)
Foto: Specialized S-Works Roubaix dari kasus terkait Edhy Prabowo? (Repro detikcom, Antara, Specialized)
Jakarta -

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap ekspor benih lobster. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita beberapa barang mewah yang dibeli dari Amerika Serikat (AS) dan uangnya dari hasil suap.

Dalam konferensi pers semalam, KPK menunjukkan barang bukti yang disita yakni tas Louis Vuitton (LV), tas Hermes, baju Old Navy, jam Rolex, jam Jacob n Co, tas koper Tumi, tas koper LV, serta sepeda. Diketahui sepeda tersebut masih dikemas dalam kardus dan belum dirakit.

"(Itu) sepeda," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri kepada detikcom, Kamis (26/11/2020).

Sayangnya, Fikri tidak merinci soal jenis sepeda apa yang dibeli Edhy Prabowo itu. Pihak KPK hanya memperlihatkan dua roda yang masih di dalam kardus. Jika diperhatikan bagian rangka (frame), di belakang roda teramati tulisan 'OUBA'. Kebetulan saja, tulisan itu tertangkap kamera dan tidak tertutup plastik.

Bila merujuk pada potongan tulisan 'OUBA' di rangka sepeda itu, maka merek yang paling dekat dengan bunyi tulisan ini adalah 'ROUBAIX'. Sepeda dengan nama Roubaix adalah sepeda jalanan (roadbike) keluaran Specialized, perusahaan produsen sepeda asal Amerika Serikat (AS).

Untuk warna rangka, terlihat ada warna putih yang mendominasi di bagian 'seat stay' atau bagian rangka yang berdiri diagonal menopang tempat duduk dalam sepeda. Ada juga warna merah yang terlihat di bagian 'headtube' (rangka kepala), sebagian 'down tube' (rangka yang melintang di bawah), dan sebagian 'top tube' (rangka yang melintang di atas). Jadi, warna rangka sepeda ini merah dan putih.

Petunjuk lain ada pada bagian pelek yang bertuliskan 'CLX 50' di bagian roda, CLX 50 adalah seri pelek dari Roval yang bernama lengkap Roval CLX 50. Untuk bagian ban, terlihat jelas berwarna hitam dan kuning di sampingnya atau jenis ban gumwall.

Bila merujuk ciri-ciri di atas, sepeda itu serupa dengan spesifikasi keluaran Specialized dengan nama S-Works Roubaix - Shimano Dura-Ace Di2. Melihat situs resmi Specialized, sepeda itu dibanderol seharga US$ 11.000 atau setara dengan Rp 155 juta (kurs Rp 14.100/US$).

Benarkah sepeda yang dibeli Edhy Prabowo itu adalah sepeda seharga Rp 155 juta?



Simak Video "Penampakan Edhy Prabowo Saat Diamankan KPK Di Bandara Soetta "
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)