Heboh Kasus Edhy Prabowo, Situs KKP Diserang Hacker

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 26 Nov 2020 15:13 WIB
Website KKP dihack
Foto: Screenshot Website KKP
Jakarta -

Situs Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sulit diakses siang ini. Situs dengan alamat http://kkp.go.id/menampilkan layar warna merah saat dibuka menggunakan laptop maupun handphone.

Dari pantauan detikcom, Kamis (26/11/2020), muncul tulisan 'Situs yang akan dibuka berisi software perusak' atau malware. Malware merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan perangkat lunak berbahaya.

Dalam keterangan laman tersebut dijelaskan, penyerang yang saat ini berada di kkp.go.id mungkin berusaha menginstal program berbahaya di komputer Anda untuk mencuri dan menghapus informasi Anda. Misalnya, foto, sandi, pesan, dan kartu kredit.

"Google Safe Browsing baru saja mendeteksi software perusak di kkp.go.id. Situs web yang umumnya aman terkadang terinfeksi software perusak," bunyi keterangan tersebut.

"Jika Anda memahami risio terhadap keamanan, Anda dapat mengunjungi situs tidak aman ini sebelum program berbahaya tersebut dibuang," bunyi keterangan itu lebih lanjut.

Sebagai informasi, KKP saat ini tengah jadi sorotan publik. Hal itu tak lain karena menterinya yakni Edhy Prabowo ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Edhy terjaret kasus terkait ekspor benih lobster atau benur.

Edhy sebelumnya diamankan di Bandara Soekarno Hatta usai balik dari Hawaii, Amerika Serikat (AS).

(acd/eds)