Masa Kelam dan Terang Elon Musk, 'Iron Man' yang Salip Bill Gates

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 27 Nov 2020 10:42 WIB
Elon Musk founder, CEO, and chief engineer/designer of SpaceX speaks during a news conference after a Falcon 9 SpaceX rocket test flight to demonstrate the capsules emergency escape system at the Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Fla., Sunday, Jan. 19, 2020. (AP Photo/John Raoux)
Foto: AP
Jakarta -

CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk kini menjadi orang terkaya kedua di dunia dengan jumlah harta diperkirakan US$ 127,9 miliar atau setara Rp 1.800 triliun (kurs Rp 14.140). Dengan begitu, Musk resmi menyalip pendiri Microsoft, Bill Gates.

Berdasarkan informasi yang dirangkum detikcom, Jumat (27/11/2020), kekayaan pria yang dijuluki Iron Man ini karena aset perusahaan naik sebesar 20% atau mencetak rekor tertinggi.

Sementara secara kumulatif, saham Tesla melonjak hampir 524%, membantu Musk menambahkan kekayaannya lebih dari US$ 100 miliar.

Untuk mencapai kesuksesan seperti sekarang, bos Tesla dan SpaceX ini harus melalui kehidupan yang tidak mengenakkan. Kala menjalani masa kanak-kanak di Afrika Selatan, Musk kerap dicap aneh karena introvert alias tertutup serta lebih suka berada di perpustakaan dan membaca ketimbang bersosialisasi dengan pergi ke pesta, minum, dan sejenisnya.

Semasa kanak-kanak, Musk juga kerap menjadi korban bully alias perundungan. Ia bahkan pernah dilarikan ke rumah sakit setelah sekelompok anak di sekolahnya menghajar hingga pingsan.

Meski begitu, Musk selalu mendapat didikan yang keras dari kedua orang tuanya di rumah. Di usia 9 tahun, dia harus menerima kenyataan bahwa bapak dan ibunya berpisah alias cerai.