Menhub Pantau Langsung Kesiapan Basarnas Hadapi Cuaca Ekstrem

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 27 Nov 2020 14:06 WIB
Budi Karya Cek Armada Basarnas
Foto: Budi Karya Cek Armada Basarnas (Istimewa)
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan kapal KN SAR Wisnu 103 milik Badan SAR Nasional (Basarnas). Hal itu dilakukan untuk melakukan pengecekan untuk menghadapi kesiapan Basarnas menghadapi cuaca ekstrem.

Budi Karya meninjau kapal KN SAR Wisnu 103 di dermaga Ex Inggom, Tanjung Priok pada hari Jumat (27/11/20).

"Armada Basarnas sudah semakin kuat dan selalu berhasil dalam operasi-operasinya, oleh karena itu saya sangat apresiasi. Ini menjadi contoh bahwa kita siap untuk mengamankan seluruh kegiatan di Tanah Air," Ujar Menhub dalam keterangannya.

Dalam kegiatannya, Budi Karya mengecek seluruh bagian kapal KN SAR Wisnu 103 yang berfungsi memperlancar dan menambah jangkauan operasi SAR.

Kapal ini difasilitasi ruang medis, multibeam echo sensor, ROV, dan satu unit Helipad untuk pendaratan Helikopter Medium Intermediate.

"Saya sudah lihat semua peralatannya, semuanya sangat penting karena biasanya ada La Nina, ada musim hujan, dan angin yang ekstrim di akhir Desember sampai Febuari mendatang" kata Budi Karya.

Di akhir kunjungannya, Budi Karya berpesan kepada Dirut Pelindo II Arif Suharyanto agar pembangunan akan terus berlanjut di Pelabuhan Tanjung Priok meski ada pandemi.

"Tadi saya overview dengan Pak Arif dengan heli, meninjau daerah Tanjung Priok mana pembangunan yang belum selesai. Yang belum dibuat dermaganya, akan kita buat. Pembangunan di Tanjung Priok akan bersinergi dengan Patimban," ujar Budi Karya.

(dna/dna)