ADVERTISEMENT

Janji Ratusan Ribu Lapangan Pekerjaan di Pelabuhan Patimban

Trio Hamdani - detikFinance
Sabtu, 28 Nov 2020 11:30 WIB
Pelabuhan Patimban ditargetkan siap layani kegiatan ekspor-impor mulai Desember 2020 mendatang. Pembangunan pelabuhan itu terus dikebut agar dapat penuhi target
Proyek Pelabuhan Patimban/Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Pelabuhan Patimban bakal menyerap 4,3 juta pekerja dalam 10 tahun ke depan.

Pada tahap awal, Luhut mengatakan pelabuhan yang merupakan proyek strategis nasional (PSN) itu bakal mempekerjakan sekitar 149.000 orang.

"Pelabuhan Patimban juga akan memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar karena akan membuka 149.000 lapangan kerja baru untuk warga Kabupaten Subang sekitarnya. Angka ini terus bertambah dengan target 4,3 juta lapangan kerja dalam 10 tahun ke depan," kata Luhut dalam diskusi virtual.

Menurut Luhut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menginstruksikan untuk memitigasi dampak sosial dan ekonomi bagi nelayan di kawasan Pelabuhan Patimban.

"Pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait telah dan akan membantu nelayan dan masyarakat yang terdampak dengan memberikan pelatihan pendidikan vokasi, serta menyediakan sarana dan prasarananya yang memadai seperti pemberian bantuan alat tangkap ikan, kapal, dan mesin tempel," paparnya.

Melihat besarnya manfaat yang ada Pelabuhan Patimban, dan direncanakan mulai beroperasi dengan soft launching untuk car terminal pada akhir tahun ini, Luhut menekankan pentingnya sinergi dari para pemangku kepentingan.

"Untuk itu perlu diperhatikan kerja keras sinergitas bersama antara kementerian dan lembaga dan juga badan usaha serta investor," tambahnya.


(toy/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT