Siasati Corona, Lufthansa Uji Coba 3 Kursi buat 1 Penumpang

Vadhia Lidyana - detikFinance
Sabtu, 28 Nov 2020 21:50 WIB
Lufthansa Janji Percepat Pengembalian Uang Tiket yang Batal Karena Corona
Foto: DW (News)
Jakarta -

Maskapai penerbangan Jerman, Lufthansa, sedang menguji coba konsep terbaru untuk kursi penumpang kelas ekonomi. Konsep terbarunya ialah satu penumpang kelas ekonomi menempati 3 kursi sebaris di kabin pesawat, dan bisa sekaligus sebagai tempat tidur.

Inovasi yang dilakukan Lufthansa ini merupakan program terbarunya di tengah pandemi Corona (COVID-19). Selama ini, kursi penumpang pesawat diberlakukan social distancing, yang mengakibatkan dalam 1 baris (3 kursi penumpang) hanya boleh diisi oleh 1 penumpang, sementara kursi sisanya dikosongi.

Dengan konsep terbaru Lufthansa, 1 penumpang boleh menguasai 3 kursi yang sebaris, dan menjadikannya sebagai tempat tidur. Konsep ini dinamakan Sleeper's Row.

Lufthansa telah menguji coba konsep baru Sleeper's Row pada penerbangan rute Frankfurt, Jerman ke São Paulo, Brasil sejak 18 November lalu, dan rencananya akan berakhir pada pertengahan Desember.

Dengan konsep ini, penumpang ekonomi bisa merasakan pengalaman berbaring untuk tidur di pesawat, layaknya penumpang kelas bisnis. Selain diberikan 3 atau 4 kursi, penumpang kelas ekonomi juga akan diberikan selimut, bantal dan seat topper untuk memaksimalkan kenyamanan, serta ditawarkan prioritas boarding.

Jika menginginkan konsep terbaru tersebut, penumpang harus membayar biaya tambahan seharga US$ 260 atau sekitar Rp 3,6 juta (kurs Rp 14.074). Pembelian Sleeper's Row ini hanya bisa dilakukan di bandara saat check-in, atau saat boarding.

Sebenarnya, konsep Lufthansa itu bukanlah hal baru dalam industri penerbangan. Sebelumnya, Air New Zealand telah menawarkan konsep serupa yang dinamakan Economy Skycoach sejak 2011. Air New Zealand memasarkan Skycoach sebagai produk yang cocok untuk wisatawan keluarga, dan harga bervariasi tergantung pada penerbangan.

Pada tahun 2019, Airbus juga pernah meluncurkan konsep serupa yang bernama Settee Corner. Fasilitas itu bertujuan memberikan pengalaman bagi penumpang kelas ekonomi untuk merasakan kursi mewah bergaya sofa berbaring, mirip dengan kursi kelas bisnis.

(hns/hns)