Mentan Mau Bikin Sekolah Pertanian, Modelnya Kayak Gimana?

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 30 Nov 2020 11:58 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo saat memberikan sambutan di hadapan perwakilan pemerintah desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (apdesi) Provinsi Sulawesi Selatan
Foto: Dok. Kementan
Jakarta -

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo ingin mendirikan sekolah pertanian berbasis pendekatan teknologi dan riset. Hal itu akan mulai dilakukan pada tahun depan.

"Saya berharap tahun depan bahkan sekolah-sekolah pertanian harus didirikan mutlak. Gimana mau baik, kita punya bonus demografi 40% anak-anak muda kita, tapi apakah perguruan tinggi memang pendekatan-pendekatan baru sudah sampai pada robot, artificial intelligence," kata dia dalam webinar bertajuk 'Kedaulatan Pangan dan Energi', Senin (30/11/2020).

Menurut Mentan, sekolah pertanian yang sudah ada saat ini belum memenuhi kriteria tersebut. Dia juga mempertanyakan kurikulum yang ada saat ini dan mau sekolah pertanian ke depan lebih banyak praktek.

"Itu (sekolah yang ada) sudah masuk nggak dalam kurikulum? Saya berharap bicara pertanian tidak hanya bicara teori-teori yang diskusi-diskusi webinar yang terlalu panjang, saya orang lapangan soalnya. Kalau mau ngajar berenang nggak usah perlu di dalam kelas deh, langsung ceburin masukin sungai saja biar dia bisa berenang," ucapnya.

Nantinya, dia akan mengajak perguruan tinggi yang sudah ada untuk kerja sama menggunakan cara baru yang lebih melek teknologi.

"Saya terapkan itu tahun depan insyaAllah saya akan coba intervensi dengan segala kekuatan bekerja sama dengan perguruan tinggi yang mau kita intervensi dengan cara-cara baru," katanya.

"Saya punya pandangan dia harus melakukan short cut minimal bagaimana membuka distribusi-distribusi logistik sistem yang harus kita patahkan," tambah Mentan.



Simak Video "Mentan Jamin Stok 11 Bahan Pokok Cukup Hingga Akhir Tahun 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)