9 Tips Hemat Gelar Pernikahan di Masa Pandemi

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 30 Nov 2020 19:40 WIB
Ilustrasi cincin pernikahan
Ilustrasi/Foto: Shutterstock

4. Tips buat pria

Mas kawin berupa kepingan emas mungkin akan terlihat elegan dan mentereng ketika didokumentasikan pada acara akad nikah. Namun di masa pandemi ini, harga emas terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Meski saat ini, sedang mengalami penurunan, tetap saja 1 gram emas di 11 November 2020 masih dibanderol Rp 952 ribuan per gram, masih terbilang mahal untuk sebagian besar orang.

"Bagi Anda yang belum memiliki emas dan masih bingung mencari mas kawin, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan saham," sarannya.

Tepat pada 13 November 2020 lalu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di level 5.454. Masih banyak saham-saham perusahaan berkapitalisasi raksasa, yang bisa Anda beli dengan harga murah untuk mas kawin.

"Namun bila pasangan Anda kurang menyetujui pemberian saham sebagai mas kawin, reksa dana pun bisa menjadi pilihan," ucapnya.

5. Tarif Wedding Organizer

Menyelenggarakan pesta pernikahan di masa pandemi adalah hal yang sulit, tanpa bantuan dari pihak profesional. Siapa lagi kalau bukan wedding organizer (WO). WO pun kerap menjadi nyawa dari pesta pernikahan Anda.

Namun bukan rahasia lagi bahwa di masa pandemi ini, bisnis jasa WO merupakan bisnis yang terkena dampak karena adanya pengetatan dalam regulasi penyelenggaraan pesta pernikahan akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Minimnya permintaan akan jasa WO akan memunculkan potensi diskon jasa layanan yang diberikan. Alokasikan saja dana maksimal 10% dari total biaya pesta pernikahan Anda untuk kebutuhan WO.

"Carilah WO yang ramah, kooperatif, dan sudah berpengalaman dalam menyelenggarakan pesta pernikahan di masa pandemi. Pilihlah paket jasa yang ditawarkan WO sesuai dengan kebutuhan, dan jangan lupa untuk meminta referensi WO ke kerabat, saudara, atau rekanan Anda," imbaunya.

6. Tips buat wanita

Kebutuhan jasa makeup artist tentu menjadi hal yang sangat vital bagi setiap calon pengantin wanita. Tidak semua orang cocok dengan gaya atau produk yang ditawarkan oleh satu makeup artist, oleh karena itulah mereka kerap menawarkan tes makeup atau makeup trial ke calon pengantin wanita.

"Agar Anda tidak merasa mubazir dengan penggunaan makeup mahal di wajah Anda di masa trial, maka jadwalkan saja pemotretan pre wedding setelah sesi makeup trial. Anda pun tidak perlu keluar biaya tambahan lagi saat prewedding berlangsung," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3