Ubah Kebiasaan Boros dengan 3 Cara Ini

Abu Ubaidillah - detikFinance
Senin, 29 Jun 2020 12:11 WIB
ilustrasi boros
Foto: shutterstock
Jakarta -

Bersikap hemat adalah hal yang penting dalam kehidupan. Apalagi saat terjadi hal-hal yang di luar yang mengharuskan mengeluarkan uang, tentu sikap hemat akan terasa manfaatnya.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda harus mulai belajar bersikap lebih hemat dalam membelanjakan uang dan mulai menabung. Bagi Anda yang merasa boros, bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

1. Tetapkan tujuan penghematan

Orang-orang sulit berhemat karena mereka tidak memiliki tujuan dari penghematan itu. Cobalah untuk membuat rencana, misalnya menyimpan uang untuk membeli mobil, rumah, atau sebagainya. Dengan ini, Anda akan semakin berhati-hati dalam membelanjakan uang.

2. Rencanakan anggaran

Pantau terus pengeluaran dan pemasukan, seiring waktu Anda akan mengetahui berapa banyak uang yang dihabiskan per hari, minggu, bulan, hingga tahun. Anda bisa menganalisis apakah pengeluaran dan pemasukan sebanding, berapa uang yang tersisa, dan sebagainya. Pastikan Anda tidak melakukan pengeluaran lebih dari yang Anda hasilkan.

3. Seimbangkan sebelum Anda menghabiskan uang

Bayar semua tagihan sebelum membelanjakan apapun. Saat Anda tidak mengetahui kondisi keuangan, Anda akan cenderung menghabiskan uang secara sembrono. Menyeimbangkan dana yang dimiliki akan memberikan motivasi untuk menghindari pengeluaran terlalu banyak.

Itu dia beberapa tips mengubah kebiasaan boros. Selain itu, juga penting diingat untuk memiliki asuransi untuk meng-cover segala risiko apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga keuangan Anda akan tetap stabil, misalnya asuransi syariah yang memiliki memiliki beragam keuntungan dan banyak dipilih oleh calon pembeli polis.

Anda bisa memilih asuransi syariah yang memiliki beragam keuntungan dari Mega Insurance dengan jaminan menyeluruh mulai dari asuransi kebakaran untuk rumah, asuransi kendaraan, asuransi kecelakaan diri, hingga asuransi perjalanan



Simak Video "Menabung Aman, Pastikan Pegang Dokumen dan Pecah Penyimpanan"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)