Dear YouTuber, Sri Mulyani Ingatkan Jangan Lupa Bayar Pajak

Hendra Kusuma - detikFinance
Selasa, 01 Des 2020 07:00 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hadiri rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI. Sri Mulyani membahas kondisi ekonomi di tahun 2020.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan kepada para YouTuber tanah air untuk tetap membayar pajak. Pajak yang dibayarkan ini atas pendapatan ydari channel di perusahaan berbasis digital ini.

Awalnya, Sri Mulyani menyampaikan pembayaran pajak merupakan kewajiban di hadapan siswa dan siswi dari 84 sekolah di seluruh Indonesia. Membayar pajak ini wajib bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya yang memiliki penghasilan di atas batas penghasilan tidak kena pajak (PTKP).

Tema pentingnya membayar pajak ini disampaikan Sri Mulyani dalam acara Hari Mengajar Kementerian Keuangan Mengajar ke-5 tahun 2020. Program ini sudah berjalan sejak 2016 dan dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Oeang Republik Indonesia.

Dia mengatakan kepada seluruh pelajar Indonesia untuk membayar pajak jika sudah mendapatkan penghasilan. Dia menyebut penghasilan yang didapat anak-anak misalnya jadi seorang YouTuber pun harus bayar kewajiban pajaknya.

"Nanti kalau sudah besar, bekerja, peduli dengan bayar pajak, kalau bisa bekerja, bahkan nggak usah besar, sekarang anak kecil yang bisa jadi bintang, bisa dapat pendapatan dari YouTube (YouTuber), itu jangan lupa tetap bayar pajak," kata Sri Mulyani, Senin (30/11/2020).

Pajak yang dibayarkan tersebut, dikatakan Sri Mulyani akan digunakan atau dikelola kembali oleh pemerintah untuk menjalankan tugas negara, mulai dari membangun infrastruktur jalan, internet, hingga membangun sekolah-sekolah baru ke depannya.

"Bukan untuk Sri Mulyani, untuk negara kita. Untuk bayar sekolah, jalan, listrik, telepon, internet, butuh pembiayaan luar biasa," jelasnya.

Dalam program Kementerian Keuangan mengajar, Sri Mulyani mengaku tidak pernah sekalipun mendengar langsung cita-cita para pelajar di Indonesia yang ingin menjadi Menteri Keuangan.

Menurut Sri Mulyani, penerimaan negara yang berasal dari pajak juga menjadi salah satu upaya pemerintah mencapai cita-cita negara yang adil, makmur, dan sejahtera.

"Uang dikumpulkan untuk Indonesia jalan lagi, karena negara punya cita-cita sama seperti kalian, kamu punya cita-cita mau jadi apa, sebagian besar saya ingat kalian mau jadi Polisi, dokter, aku belum dengar mau jadi Menkeu, ada yang pengin jadi astronot, YouTuber, dan cita-cita itu harus diupayakan," ungkapnya.



Simak Video "Jadi Guru Sehari, Sri Mulyani Ajarkan Soal APBN via Daring"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/ara)