Sebelum Golden Truly, Ini 4 Ritel dan Restoran yang Tutup Gerai

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 02 Des 2020 16:12 WIB
Mal Golden Truly Tutup
Golden Truly Gunung Sahari/Foto: Trio Hamdani
Jakarta -

Pusat perbelanjaan Golden Truly yang berada di Gunung Sahari, Jakarta Pusat tutup sejak 1 Desember 2020. Golden Truly menambah panjang daftar pusat perbelanjaan dan restoran yang tutup di Indonesia.

Akan tetapi, Golden Truly tak serta-merta berhenti beroperasi, operasional beralih ke online di beberapa e-commerce.

"Mulai 1 Desember 2020, Mal di Jl Gunung Sahari no 59 akan dikelola oleh pengelola gedung baru," tulis Golden Truly dalam akun Instagramnya, Rabu (2/12/2020).

Sebelum Golden Truly, sudah banyak ritel dan restoran yang menutup toko. Apa saja ya? Berikut daftarnya:

1. Matahari Department Store

Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) Matahari akan menutup 6 gerai format besar yang tidak menguntungkan. Ini artinya hingga akhir tahun toko Matahari menjadi 147 unit dari sebelumnya 153 unit.

Penutupan ini disebut tidak akan menimbulkan pemutusan hubungan kerja (PHK). Toko yang ditutup ada 4 di Jawa, 1 di Bali dan 1 di Sulawesi. Selain itu, 23 toko di antaranya juga sedang dalam pemantauan untuk peningkatan kinerja. Penutupan ini karena kinerja perusahaan sedang terseok-seok, periode Januari-September 2020 saja Matahari sudah menderita kerugian hingga Rp 617 miliar.

2. McDonald's

Restoran cepat saji ini menutup permanen gerai di Kuta Beach, Bali. Penutupan yang dilakukan September lalu membuat banyak warganet sedih.

Selain di Kuta Beach, McDonald's juga menutup gerai di gedung Sarinah, Jakarta Pusat. Penutupan ini karena gedung Sarinah direnovasi.

3. Lotteria

Salah satu restoran cepat saji ini menutup seluruh gerai di Indonesia pada 29 Juni lalu. Sebanyak 32 gerai di kawasan Jabodetabek, Cikarang, Karawang, dan Bandung ditutup permanen.

4. Gramedia

Toko buku Gramedia di Mal Taman Anggrek juga ditutup. Hal ini karena manajemen tidak melakukan perpanjangan sewa yang habis pada Oktober tahun ini.

Manajemen Gramedia menyebutkan keputusan tak memperpanjang karena ada gerai yang dekat dengan Mal Taman Anggrek, yakni di Mal Ciputra dan Central Park.

(kil/ara)