Mentan Jadi Menteri KP Sementara Gantikan Luhut, Apa Tugasnya?

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 03 Des 2020 13:21 WIB
Yasin Limpo jadi Menteri Kelautan dan Perikanan
Foto: Anisa Indraini
Jakarta -

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Ad Interim sampai 10 Desember 2020. Penunjukannya dilakukan untuk menggantikan Menteri KP Ad Interim sebelumnya yakni Luhut Binsar Pandjaitan yang sedang bertugas ke luar negeri (LN).

Syahrul mengatakan tugasnya selama menjadi Menteri KP adalah untuk mengawal aktivitas sehari-hari yang ada di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Dengan ada dirinya, diharapkan seluruh program tetap berjalan sesuai jadwal.

"Saya diamanatkan presiden untuk melaksanakan tugas KKP, Ad Interim, sementara, di dalam mengawal aktivitas-aktivitas rutin yang ada di dalam KKP. Saya berharap seluruh aktivitas di sini berjalan seperti apa adanya," kata Mentan di Gedung Kementerian Kelautan dan Perikan, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020).

Syahrul juga meminta agar KKP mempercepat penyerapan anggaran yang tersisa di akhir tahun 2020 ini. Sehingga setelahnya bisa fokus pada pelaksanaan anggaran tahun 2021.

"Tentu saja semua konsepsi-konsepsi yang sudah terprogram bisa dilakukan upaya-upaya percepatan di dalam menutup tahun anggaran 2020 ini. Tentu saja percepatan untuk mempersiapkan langkah-langkah di 2021 ini menjadi konsentrasi-konsentrasi saya bersama Sekjen, Irjen dan seluruh Dirjen yang ada di sini," ucapnya.

"(Jadi) tugas saya melaksanakan program konsepsi aktivitas di 2020 baik secara faktual, administrasi, maupun keuangan. Ini pekerjaan besar sekali," tambahnya.

Untuk diketahui, penunjukan Syahrul menjadi Menteri KP Ad Interim berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor B-918/M.Sesneg/D-3/AN.00.03/12/2020. Penunjukan dilakukan karena Menteri KP Ad Interim sebelumnya, Luhut sedang kunjungan kerja ke Jepang. Posisi Menteri KP Ad Interim ini diperlukan untuk mengisi kekosongan semenjak Edhy Prabowo ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus dugaan suap ekspor benih lobster.

"Dengan hormat kami beri tahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Pertanian untuk menggantikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan ad Interim," tulis SE tersebut.

(fdl/fdl)