Perusahaan Ini Ditunjuk Jadi Operator Pelabuhan Muara Berau

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 04 Des 2020 15:04 WIB
Perjanjian Konsesi Pelabuhan
Foto: Soraya Novika
Jakarta -

Badan usaha Pelabuhan (BUP) PT Pelabuhan Tiga Bersaudara (PTB) ditunjuk sebagai operator Pelabuhan Muara Berau. Penunjukan itu diberikan langsung oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan melalui perjanjian konsesi selama 25 tahun.

Perjanjian konsesi itu ditandatangani oleh PTB dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Samarinda pada Ditjen Hubla Kemenhub.

"Lama konsesinya 25 tahun dengan konsesi fee 5%" ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus H. Purnomo usai menyaksikan penandatanganan perjanjian konsesi tersebut di Jakarta Pusat, Jumat (4/12/2020).

Dengan penandatanganan tersebut PTB yang menjadi operator pelabuhan tersebut bisa melaksanakan pengusahaan pelabuhan pada terminal dan fasilitas yang ada di area konsesi.

Adapun salah satu tujuan dari pemberian hak konsesi ini guna mendukung penetapan Kalimantan Timur sebagai Provinsi Ibu Kota Negara Baru sehingga arus barang dan jasa di Terminal Alih Muat Barang (ship to ship transfer/STS) Muara Berau siap menjadi pelabuhan tujuan impor maupun ekspor. Kemudian, perjanjian kerja sama ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi pertumbuhan perekonomian nasional, khususnya untuk masyarakat sekitar.

"Nanti setelah ini PTB akan melakukan implementasi sebagai penugasan pemerintah dan KSOP dan pemda. Supaya operasional Pelabuhan di Muara Berau bisa berjalan sesuai yang diharapkan," sambungnya.

Melalui konsesi ini juga, dapat membuat pemerintah lebih leluasa mengakses informasi data ekspor beberapa komoditas tertentu terutama data ekspor batubara. Para pelaku usaha pun mendapat kepastian hukum dan waktu terkait aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan STS.

(fdl/fdl)