Berita Terpopuler Sepekan

Sumber Anggaran Bansos, Golden Truly Terhantam Corona

Hendra Kusuma - detikFinance
Minggu, 06 Des 2020 21:25 WIB
Mensos Juliari Batubara ditetapkan KPK sebagai tersangka. Ia terjerat kasus dugaan suap bantuan Corona.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Sumber anggaran program bantuan sosial (bansos) Corona yang dikorupsi oleh Menteri Sosial Juliari Barubara berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Berita mengenai sumber anggaran bansos Corona dari APBN yang dikorupsi Menteri Sosial menyita banyak perhatian pembaca detikFinance hari ini, Minggu (6/12/2020).

Selain itu, ada juga berita yang terpopuler lainnya seperti Golden Truly dan merger antara Grab dan Gojek.

Berikut deretan berita terpopuler selengkapnya.

1. Dari Mana Sumber Anggaran Bansos Corona?

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara sebagai tersangka atas dugaan kasus suap bantuan sosial (bansos) terkait Corona. Jualiari juga sudah menyerahkan diri ke lembaga antirasuah tersebut.

Dalam penanganan pandemi Corona, pemerintah mengalokasikan anggaran pemulihan nasional (PEN) sebesar Rp 695,2 triliun. Anggaran tersebut tersebar ke enam klaster yang salah satunya program perlindungan sosial. Program ini mendapat alokasi anggaran Rp 204,9 triliun untuk tahun 2020. Sebagian dari anggaran tersebut, yaitu sebesar Rp 127,2 triliun merupakan anggaran Kementerian Sosial.

Staf Khusus Kementerian Keuangan, Yustinus Prastowo mengatakan anggaran jumbo tersebut seluruhnya berasal dari APBN. Sementara peruntukan program perlindungan sosial ada yang berasal dari APBN dan APBD.

"Bansos ada yang dari APBN, ada yang APBD, untuk APBN (Rp 204 Triliun) betul," kata Prastowo saat dihubungi detikcom, Minggu (6/12/2020).

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ditahan KPK, Mensos Juliari Batubara Bikin Surat Pengunduran Diri"
[Gambas:Video 20detik]