Pedagang Pasar hingga Buruh Pabrik Juga Jadi Prioritas Vaksinasi

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 07 Des 2020 17:08 WIB
Covid-19: Apakah mungkin akan ada lebih dari satu vaksin virus corona?
Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Vaksin Corona dari Sinovac telah mendarat di Indonesia. Vaksin ini dijemput langsung oleh pesawat Garuda Indonesia dari China. Menindaklanjuti itu, pemerintah telah memetakan kalangan masyarakat yang menjadi prioritas untuk divaksinasi.

Wakil Ketua III Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Muhadjir Effendy menjelaskan yang diprioritaskan mendapatkan vaksinasi, yang pertama adalah mereka yang berada di garis depan, yaitu para petugas medis, kemudian petugas non-medis termasuk TNI dan Polri.

"Kemudian yang kedua adalah kelompok risiko tinggi atau berisiko high risk, yaitu kelompok pekerja, termasuk di dalamnya para pedagang pasar, pelayan toko, atau pramuniaga, dan juga mereka yang bekerja di sektor-sektor perusahaan industri, para karyawan dan para pegawainya," katanya melalui saluran YouTube FMB9ID_IKP, Senin (7/12/2020).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) itu juga menjelaskan yang ikut menjadi prioritas adalah mereka yang melakukan kontak tracking, kelompok risiko dari keluarga, dan kontak kasus COVID-19.

"Dan yang terakhir adalah administrator pemerintah yang terlibat dalam memberikan pelayanan publik," tambahnya.

Dia menjelaskan prioritas di atas merupakan rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunizations.

"Sesuai dengan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunizations," tambahnya.

(toy/ara)