Dapat 'Warisan Buruk' Trump soal China, Biden Harus Apa?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Senin, 07 Des 2020 23:21 WIB
Joe Biden Kantongi Izin Resmi Transisi Pemerintahan, Selanjutnya Apa?
Foto: DW (News): Presiden terpilih AS, Joe Biden
Jakarta -

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden mendapat warisan hubungan buruk dengan China karena tindakan Presiden Donald Trump. Kini, Biden harus menemukan cara terbaik menghadapi konflik dengan China, dengan tetap mengutamakan negaranya.

Dilansir dari CNN, Senin (7/12/2020), Head of China dan Northeast Asia dari Eurasia Group Michael Hirson berpendapat, hal pertama yang harus dilakukan Biden saat menghadapi China adalah memainkan taktik yang panjang dan halus. Meski ada pertentangan antara kedua negara, Biden harus bisa bersikap tenang, tanpa menunjukkan amarah yang meledak-ledak.

Pemerintahan Trump sudah mengakui, tindakan-tindakan yang dilayangkan pada Negeri Tirai Bambu selama ini tidak efektif dalam menyelesaikan masalah. Mulai dari serangan di sektor perdagangan, maupun kebijakan luar negeri lainnya.

Kesalahan yang telah dibuat Trump antara lain menerapkan tarif perdagangan yang tinggi secara sepihak, pengendalian ekspor teknologi, dan sebagainya yang dilakukan tanpa adanya strategi berkelanjutan.

Khususnya bagi industri teknologi China seperti larangan produk Huawei di AS justru menimbulkan bahaya bagi teknologi buatan AS sendiri. Huawei yang merupakan pionir dalam teknologi 5G memang tak lagi mendapatkan akses di AS, tapi sebaliknya produk teknologi AS juga terancam di China.

Tak hanya China, perusahaan produk teknologi AS juga bisa kehilangan pangsa pasar global, sedangkan China memperoleh posisi sebagai pemasok. Di sisi lain, jika AS bersikeras menerapkan sanksi sanksi keuangan dan banyak alat diplomatik dan ekonomi lainnya, maka dapat berlaku efektif jika sekutu juga turut mendukungnya. Adapun sekutu itu antara lain Uni Eropa (UE) dan Jepang. Hirson berpendapat, Biden perlu menggabungkan ketegasan pendekatan Trump dengan strategi yang memanfaatkan aliansi AS.

Langsung klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2