Ngeri... Data KTP hingga Paspor Dijual di Darkweb, Harganya Beda-beda

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 08 Des 2020 11:03 WIB
Jaminan Keamanan Data Pribadi
Foto: detik
Jakarta -

Peraturan terkait perlindungan data pribadi masih sangat dibutuhkan. Hal ini karena masih banyak data-data pribadi yang dijual ke darkweb dengan harga yang bervariasi.

ID Card

Laporan Kaspersky menyebutkan jika data yang dijual mulai dari data kartu identitas dengan harga US$ 0,5 hingga US$ 10. Penjualan ini ramai dilakukan di Amerika Serikat dan Eropa.

Untuk informasi seperti nama lengkap dan nomor asuransi biasanya dibanderol US$ 0,5 per identitas. Namun jika paket lengkap seperti nomor ID, nama lengkap, tanggal lahir, email dan nomor ponsel bisa mencapai US$ 10 per identitas.

Paspor

Data paspor juga jadi salah satu data yang paling laku di dunia maya. Hasil pindai paspor ini tersebar di darkweb. Hati-hati jika anda mengunggah salinan paspor ke suatu layanan di internet atau mengizinkan orang lain untuk menyalin data paspor anda.

Harga yang dipatok mulai dari US$ 6 hingga US$ 15. Tergantung dari kualitas salinan dan negara asal.

SIM

SIM juga jadi data yang paling diminati. Harganya bervariasi mulai dari US$ 5 hingga US$ 25 per identitas. Biasanya data akan digunakan untuk penyewaan mobil hingga penipuan asuransi.

Swafoto dengan dokumen

Apakah anda pernah berfoto selfie dengan paspor atau KTP anda? Jika iya anda harus berhati-hati, karena hal ini sangat berbahaya. Banyak penjahat di dunia maya yang mengincar foto ini dan menggunakan data dengan tidak bertanggung jawab.

Selain itu penjahat juga bisa menggunakan data ini untuk mencari pinjaman online, memanipulasi perusahaan asuransi hingga penyewaan mobil. Harga yang dibanderol mulai dari US$ 40 - US$ 60 per orang.

Rekam Medis

Data rekam medis dari rumah sakit juga menjadi salah satu incaran penjahat di dunia maya. Biasanya data ini digunakan agar para penjahat bisa mendapatkan layanan asuransi kesehatan hingga pembelian obat yang diatur undang-undang. Harga yang dibandeol mulai dari US$ 1 hingga US$ 30 tergantung dari kelengkapan informasi.

Lanjut ke halaman berikutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2