Sri Mulyani-Bos Pertamina Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

ADVERTISEMENT

Sri Mulyani-Bos Pertamina Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 09 Des 2020 08:10 WIB
Menkeu Sri Mulyani Indrawati melantik Kepala BKF dan Dirut LMAN
Foto: Dok. Kementerian Keuangan
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati masuk dalam daftar 100 perempuan paling powerful atau berpengaruh di dunia versi Forbes.

Mengutip laman resmi Forbes Sri Mulyani menduduki posisi ke 78. Sri Mulyani sebelumnya menjabat sebagai direktur pelaksana Bank Dunia. Kemudian kembali menjadi Menteri Keuangan di kabinet Presiden Joko Widodo.

Sebagai menteri keuangan Sri Mulyani berupaya meningkatkan pendapatan negara dengan mereformasi perpajakan hingga memperluas layanan e-filing serta meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Tahun lalu Sri Mulyani juga menerima penghargaan sebagai Menteri Terbaik di World Goverment Summit. Saat bekerja di Bank Dunia, dia juga melakukan kampanye untuk kesetaraan gender.

Ibu dari 3 anak ini juga telah menerbitkan laporan tentang kesenjangan angkatan kerja perempuan yang menyebabkan hilangnya pendapatan yang setara dengan 1/4 produk domestik bruto (PDB) di Timur Tengah.

Kemudian Nicke Widyawati juga masuk dalam daftar ini. Nicke yang merupakan Direktur Utama Pertamina disebut merupakan pimpinan terbaik untuk perusahaan negara ini.

Di bawah kepemimpinan Nicke, pendapatan perusahaan pada 2019 tercatat US$ 55 miliar dan laba bersih US$ 2,5 miliar.

Posisi pertama ditempati oleh Angela Merkel, posisi kedua Christine Lagarde, ketiga Kamala Harris, keempat Ursula von der Leyen dan kelima ditempati Melinda Gates.

(kil/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT