Disinggung JK, Siapa Sih Orang RI yang Kaya Karena Rokok?

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 09 Des 2020 13:58 WIB
Wapres Jusuf Kalla (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Foto: Wapres Jusuf Kalla (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta -

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) menjabarkan bedanya Indonesia dengan negara-negara lain. JK menyebut hanya di Indonesia saja yang orang kayanya berasal dari kalangan pengusaha rokok. Menurut JK, hal itu tak pernah terjadi di negara manapun.

"Di Indonesia yang paling beda dengan negara-negara lain, di dunia ini mungkin tidak ada, orang terkaya (urutan) 1, 2, 3 pengusaha rokok," kata dia dalam webinar yang diselenggarakan Indef, Rabu (9/12/2020).

Lalu, siapa sih sosok orang kaya RI pengusaha rokok yang disinggung JK tersebut?

Berdasarkan catatan detikcom April lalu dalam daftar majalah Forbes, posisi puncak orang terkaya di Indonesia diduduki oleh Robert Budi Hartono. Ia adalah pemilik perusahaan rokok, Djarum. Tak hanya sekali itu saja, Robert sudah menduduki posisi itu selama 12 tahun berturut-turut terhitung sejak 2008.

Ia juga berada di posisi ke-80 orang terkaya di dunia sepanjang tahun 2020 ini. Naik dari posisi tahun sebelumnya yang masih di peringkat ke-139 di daftar orang terkaya di dunia.

Kekayaan Budi Hartono juga naik dari US$ 12,7 miliar atau sekitar Rp 177,8 triliun (kurs Rp 14.000) menjadi US$ 19,7 miliar atau sekitar Rp 275,8 triliun.

Lanjut ke halaman berikutnya pengusaha rokok lainnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2