Karpet Merah India buat Samsung Agar Pindahkan Pabrik dari China

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 12 Des 2020 19:00 WIB
The logo of Samsung Electronics is seen at its headquarters in Seoul, South Korea, July 4, 2016
Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji
Jakarta -

Salah satu negara bagian di India Uttar Pradesh mengumumkan akan memberi insentif keuangan untuk Samsung Electronics Co. Insentif ini diberikan agar perusahaan asal Korea Selatan ini mendirikan pabrik layar atau display sebesar 48,25 miliar rupee atau sekitar US$ 654,36 juta.

Mengutip Reuters, Samsung memang melakukan relokasi pabrik dari China ke Uttar Pradesh. India menyambut baik rencana ini dan siap menuju negara pusat manufaktur. Pabrik ini ditargetkan bisa beroperasi pada tahun depan.

Memang India merupakan salah satu negara yang pasar smartphonenya terbesar di dunia. Hal ini membuat Samsung akhirnya berlabuh di negara tersebut dengan berinvestasi mendirikan pabrik layar.

Sebelumnya New Delhi pada awal tahun ini juga memberikan insentif keuangan sebesar US$ 5,65 miliar untuk meningkatkan produksi ponsel pintar di India. Insentif ini diberikan untuk sejumlah perusahaan seperti Samsung, Foxconn, Wistron dan Pegatron.

Pemerintah Uttar Pradesh menyebut Samsung akan menerima 7 miliar rupee dari insentif tersebut. Selain itu Samsung juga akan membebaskan pajak dan pengalihan tanah untuk pembangunan pabrik.

Permintaan insentif ini memang sudah pernah diutarakan oleh Samsung sebelumnya. Dengan didirikannya pabrik Samsung di India maka bisa menciptakan 510 pekerjaan langsung untuk masyarakat India.

(kil/eds)