ADVERTISEMENT

Cerita Luhut soal Ada yang Minta Jokowi Suntik Vaksin Corona Duluan

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 13 Des 2020 09:00 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada yang meragukan vaksin Corona dan menuding vaksinasi akan menyebabkan sakit.

Atas hal itu muncul desakan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) disuntik vaksin Corona duluan.

"Ada yang bilang ini nanti bisa sakit, presidennya dulu disuntik," jelasnya dalam webinar yang diselenggarakan Shopee, Sabtu (12/12/2020).

Apa tanggapan Luhut terhadap pernyataan agar orang nomor satu di Indonesia itu disuntik vaksin Corona lebih dulu?

"Presiden kemarin bilang 'saya nanti disuntik ramai-ramai saja dengan rakyat'. Jadi kelihatan, jadi jangan berburuk sangka, jauhkan itu buruk sangka. Pemerintah sekali lagi memberikan yang terbaik kepada rakyatnya," jelas Luhut.

Dia lanjut menjelaskan bahwa bisa saja hari ini juga Jokowi disuntik vaksin Corona, tapi dirinya menilai hal itu dapat menimbulkan opini negatif.

"Kalau Presiden mau disuntik duluan hari ini juga bisa, tapi Presiden kan nggak mau nanti dibilang mau presiden sendiri duluan atau melanggar aturan. Semua ingin secara tertib dibuat dalam aturan," ujarnya.

Luhut juga masih melihat secercah harapan vaksin virus Corona bisa disuntikkan akhir Desember ini. Baca di halaman selanjutnya.

Kata Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi masih ada harapan vaksin Corona disuntikkan mulai akhir Desember ini.

"Kalau bisa paling-paling ya mungkin berapa banyak kita akan suntik akhir tahun. Tapi kalaupun itu masih menunggu, ya tapi mudah-mudahan bisa," kata dia.

Saat ini 1,2 juta dosis vaksin Corona sudah tiba di Indonesia yang diimpor dari Sinovac, China. Sekarang tinggal menunggu emergency use authorization (EUA) sebelum akhirnya vaksin mulai disuntikkan.

"Sekarang sudah datang vaksin ini tinggal menunggu emergency use authorization," sebut Mantan Menkopolhukam itu.

Terlepas dari bisa atau tidaknya vaksinasi dilakukan akhir tahun ini, Luhut memastikan pada kuartal I-2021 akan dilakukan penyuntikan sampai puluhan juta dosis vaksin Corona.

Vaksinasi yang dilakukan Indonesia pun disebut Luhut meningkatkan citra positif Indonesia di mata investor.

"Semua melihat Indonesia itu tempat yang sangat bagus untuk mereka investasi karena mereka melihat program penanganan COVID sampai kepada vaksin, dengan tadi stimulus yang disiapkan dan semua itu yang ditangani Pak Erick (Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional) tadi dengan tim, saya kira itu memberikan harapan yang sangat baik," tambahnya.

(toy/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT