Ngatur Keuangan untuk yang Bergaji UMP (2)

Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Senin, 14 Des 2020 08:50 WIB
Ilustrasi THR
Foto: Muhammad Ridho

3. Membuat Catatan Keuangan

Ini adalah cara mudah dan yang penting dalam mengatur keuangan. Mengapa? Dengan mencatat keuangan, Anda bisa mengetahui secara detail berapa pemasukan yang Anda peroleh dan ke mana uang Anda "lari".

Mulai sekarang, Anda perlu membiasakan diri untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan Anda. siapkan buku kecil untuk mencatat pengeluaran Anda setiap hari. Anda bisa memanfaatkan aplikasi financial tools yang direkomendasikan adalah melalui situs www.moneesa.com atau bisa juga melalui aplikasinya yaitu Moneesa yang bisa diunduh di sini.

4. Menghemat Perilaku Konsumtif

Dalam mengatur keuangan, ada kalanya Anda harus mempertimbangkan praktik belanja impulsif sehingga sering kali individu dengan pendapatan yang cukup masih mengalami masalah finansial karena cenderung berpikir jangka pendek dan perilaku keuangan yang kurang bertanggung jawab seiring tren hanya sebatas keinginan yang sebenarnya tidak selalu perlu Anda penuhi.

5. Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Anda bisa melakukan pekerjaan freelance yang banyak tersedia di internet. Manfaatkan skill menulis, desain, atau fotografi untuk memperoleh pekerjaan freelance. Jika senang berjualan, Anda bisa mulai berjualan online di Instagram atau marketplace seperti Tokopedia, BukaLapak, atau Shopee.

Untuk menangani personal finance secara sistematis maka diperlukan pengetahuan untuk untuk membuat keputusan dalam personal financial management dengan Selain kesehatan keuangan. Selain itu gunakan juga Bregaswaras untuk membantu menghitung kebutuhan asuransi bisa diunduh di sini , sedangkan kalau mau belajar memilih rencana investasi dan asuransi serta mengelola budget bulanan, anda bisa ikut kelas perencana keuangan seperti
kelas perencana keuangan dasar yang infonya bisa dibuka di sini, atau belajar investasi di reksadana infonya buka di sini.

Nah, itu dia berbagai tips untuk mengatur keuangan gaji UMP mencapai kondisi finansial yang sehat. Ingat, Anda harus berkomitmen dan disiplin dalam praktiknya. Selamat mencoba!

Halaman

(fdl/fdl)