Industri Boneka Seks Ketiban Rezeki, Ini 3 Faktanya

Hendra Kusuma - detikFinance
Senin, 14 Des 2020 20:30 WIB
boneka seks
Foto: dok. Silicon Lovers
Jakarta -

Tidak ada yang menyangka bahwa industri boneka seks ketiban rezeki di tengah pandemi COVID-19. Industri bonek seks ternyata mendapat banyak pesanan produk. Padahal banyak industri yang loyo karena terdampak COVID-19.

COVID-19 sudah berlangsung lebih dari 10 bulan, banyak industri yang tutup bahkan merumahkan pegawainya karena produksinya tidak berjalan normal. Sebab, adanya kebijakan pembatasan membuat perputaran roda ekonomi tidak berputar normal.

Namun demikian, pembatasan sosial atau lockdown tidak berpengaruh besar pada industri boneka seks. Berikut fakta-faktanya:

1. Kebanjiran Pesanan

Salah satu produsen boneka seks, Sex Doll Genie, malah kebanjiran pesanan sehingga merekrut lebih banyak pegawai untuk memenuhi permintaan konsumen.

Sex Doll Genie mencatat ada lonjakan pemesanan hingga 51,6% di awal-awal pandemi virus COVID-19. Hingga April 2020 lalu omzetnya naik 33,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

2. Pemesan Bukan Cuma yang Jomblo

Ternyata, pemesanan boneka seks tidak hanya datang dari pelanggan laki-laki jomblo saja, tapi ada juga yang datang dari pasangan menikah atau pacaran.

"Stok kami banyak, tapi kami tidak bisa memproduksi lebih banyak lagi dengan adanya lonjakan pemesanan," kata salah satu pendiri Sex Doll Genie, Janet Stevenson, dikutip Forbes, Senin (14/12/2020).

"Kami membuka lowongan untuk diisi secepatnya, ada beberapa posisi baru juga kami siapkan di divisi layanan pelanggan untuk daerah Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa," tambahnya.

3. Mengurangi Rasa Cemas

Menurut Dokter Kate Devlin, penulis buku 'Turned On: Science, Sex, and Robots', tidak ada yang salah dengan membeli boneka seks di tengah pandemi seperti sekarang ini. Menurutnya hal itu bisa mengurangi tingkat kecemasan dan kesepian seseorang ketika tidak bisa berinteraksi langsung dengan manusia lain.

Dokter itu menambahkan, selama ini boneka seks memang identik dibeli oleh pria jomblo. Namun tidak salah juga jika ada pasangan suami istri atau orang catat membeli boneka seks dengan alasan kebutuhan tertentu.

(hek/fdl)