4 Hal Hebohnya Kabar Kongsi Indonesia dan Israel

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 15 Des 2020 18:00 WIB
Israel: AS klaim semakin banyak negara Arab ikuti langkah UEA buka hubungan resmi dengan Israel
Ilustrasi/Foto: BBC World
Jakarta -

Israel dan Indonesia dikabarkan akan melakukan normalisasi hubungan. Jika kabar itu benar maka RI dan Israel akan memiliki hubungan diplomatik.

Kabar ini pun menimbulkan kehebohan. Berikut empat hal utama dari hebohnya kabar Israel-RI mau jalin hubungan:

1. Dihembuskan Sumber

Kabar itu dihembuskan oleh Times of Israel yang mengutip Channel 12. Salah satu sumber diplomatik mengatakan kepada Channel 12 ada dua negara yang akan melakukan normalisasi hubungan dengan Israel yakni Oman dan Indonesia.

Menurut sumber itu, kedua negara yang dia sebutkan itu menjadi negara selanjutnya setelah Maroko dan Israel sepakat melakukan normalisasi hubungan. Selain itu ada beberapa negara Arab lain yang sudah melakukan normalisasi hubungan seperti Sudan, Bahrain, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Normalisasi hubungan negara-negara itu dengan Israel disebut dilakukan sebelum Presiden AS Donald Trump Lengser dari jabatannya.

2. Kemlu RI Buka Suara

Kemlu RI menanggapi pemberitaan tersebut. Pihaknya menegaskan hingga saat ini Indonesia tidak melakukan proses apapun terkait normalisasi hubungan dengan Israel.

"Kemlu RI tidak melakukan langkah-langkah seperti yang dituliskan oleh media di atas, dan saya tidak tahu latar belakang tulisan tersebut," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, dilansir dari CNN Indonesia.

Faizasyah menyatakan sampai saat ini pemerintah Indonesia masih tetap berpegang terhadap konstitusi dan melanjutkan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina.

"Pelaksanaan politik luar negeri yang dijalankan Kemlu dalam konteks konflik Palestina-Israel senantiasa berpegang pada amanat konstitusi," lanjut Faizasyah.

Selanjutnya
Halaman
1 2