Daftar Perusahaan yang Pernah Kena Seruan Boikot

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 16 Des 2020 07:00 WIB
JNE
Foto: Dok. JNE
Jakarta -

Beberapa perusahaan besar di Indonesia diserbu seruan boikot karena bersinggungan dengan isu politik. Aksi boikot yang muncul tidak melulu berkonteks politik Pilpres, ada juga berkonteks politik dalam arti yang lebih umum.

Lalu, rata-rata gerakan pemboikotan tersebut bakal ramai bergema lewat media sosial. Paling banyak lewat jejaring Twitter.

Berikut daftar perusahaan-perusahaan yang pernah kena aksi boikot gegara politik:

1. JNE

JNE belakangan jadi sorotan publik. Tepat di tengah HUT JNE yang ke-30, muncul tagar #BoikotJNE yang sempat trending di Twitter sejak Jumat (11/12) pekan lalu.

Seruan boikot muncul setelah akun JNE memposting ucapan selamat dari tokoh agama yakni Ustaz Haikal Hassan. Postingan itu dinilai beberapa pihak sebagai bentuk dukungan JNE terhadap tokoh agama tersebut.

Namun, dengan segera pihak JNE menegaskan bahwa perusahaan logistik tersebut tidak memihak pada apapun yang berbau SARA alias suku, agama, ras, dan antargolongan.

"JNE merangkul semua golongan dan tidak memihak pada agama, suku bangsa, ras, dan pandangan politik tertentu," dikutip dari keterangan gambar yang dikirimkan Bos JNE, (11/12/2020).

Selain JNE, ada beberapa perusahaan lainnya yang juga sempat mengalami nasib serupa. Di antaranya ada Danone Aqua, Bukalapak, Traveloka dan Sari Roti. Keempatnya juga pernah menjadi sasaran boikot gegara bersinggungan dengan isu politik.

Apa lagi perusahaan yang pernah kena seruan boikot? Lanjut ke halaman berikutnya>>>