Ini 18 Tim Sukses Jokowi yang Jadi Komisaris BUMN

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 16 Des 2020 12:00 WIB
Sejumlah tamu beraktivitas di dekat logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020). Kementerian BUMN meluncurkan logo baru pada Rabu (1/7) yang menjadi simbolisasi dari visi dan misi kementerian maupun seluruh BUMN dalam menatap era kekinian yang penuh tantangan sekaligus kesempatan. ANATAR FOTO/Aprillio Akbar/nz
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Jakarta -

Bank Syariah Indonesia sudah resmi dibentuk. Bank Syariah Indonesia merupakan gabungan tiga bank syariah milik bank BUMN yakni BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri (BSM) dan BRISyariah.

Struktur kepengurusan bank itu ditata ulang mulai dari dewan komisaris hingga dewan direksi. Salah satu komisaris yang diangkat adalah relawan atau eks Timses Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pemilihan presiden periode 2019 lalu. Sebelum itu, sudah ada beberapa nama timses Jokowi yang diangkat sebagai komisaris BUMN.

Berdasarkan catatan detikcom, kini totalnya mencapai 19 orang timses Jokowi yang diangkat sebagai komisaris BUMN. Berikut daftarnya:

1. M. Arief Rosyid Hasan

Eks Relawan atau eks Timses Jokowi, M Arief Rosyid Hasan menjadi Komisaris Independen di Bank Syariah Indonesia. Dia sebelumnya pernah menjadi relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019.

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Independen di Bank Syariah Indonesia, aktif di sejumlah organisasi misalnya sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (2013-2015), Ketua Pemuda di Dewan Masjid Indonesia (2017-sekarang), Wasekjen BPP HIPMI (2019-sekarang), dan menginisiasi sejumlah kolaborasi dengan anak muda di Masjid hingga di Lembaga Pemasyarakatan.

2. Rizal Malaranggeng

Politisi Partai Golkar ini diangkat sebagai komisaris PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) pada Juni 2020 lalu. Adik Andi Malaranggeng ini tercatat mendapat penugasan khusus dalam tim kampanye nasional Jokowi-Ma'ruf.

3. Lukman Edy

Lukman menjabat sebagai wakil komisaris utama merangkap komisaris independen PT Hutama Karya (Persero). Politikus PKB ini sebelumnya wakil direktur saksi Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf.

4. Zulnahar Usman

Mantan bendahara umum Partai Hanura ini ditunjuk sebagai komisaris PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) pada Februari 2020. Dia sebelumnya pernah menjabat direktur logistik & APK dalam Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf.

5. Arya Sinulingga

Arya saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Menteri BUMN. Arya yang juga merupakan komisaris BUMN, yaitu PT Inalum (Persero) pernah menjadi juru bicara tim kampanye Jokowi.

6. Arif Budimanta

Politisi PDI Perjuangan ini kini menjabat sebagai komisaris PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI). Sama dengan Arya, ia sempat jadi juru bicara tim kampanye Jokowi.

7. Irma Suryani Chaniago

Irma menjabat sebagai komisaris independen PT Pelindo I (Persero) sejak 20 April 2020. Mantan politikus Partai Nasdem ini juga pernah menjadi juru bicara tim kampanye Jokowi.

8. Dudy Purwagandhi

Dudy saat ini menjabat sebagai komisaris PT PLN (Persero). Namanya tercatat sebagai wakil bendahara III Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin.

9. Fadjroel Rachman

Juru bicara Presiden Jokowi ini sekarang menjabat sebagai komisaris BUMN, yaitu di PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT). Pada tahun 2014 lalu, Fadjroel mengaku sebagai tim media sosial untuk Jokowi-JK.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2