ADVERTISEMENT

Menhub Cek Kesiapan Stasiun Gambir Jelang Natal dan Tahun Baru

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 16 Des 2020 17:52 WIB
Menhub Budi Karya Cek Kesiapan Stasiun Gambir Jelang Natal dan Tahun Baru 2021
Foto: Soraya Novika/detikcom
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek kesiapan libur Natal dan tahun baru 2021 di tengah pandemi COVID-19. Pengecekan dilakukan di Stasiun Gambir, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat.

Pengecekan kesiapan stasiun jelang libur Natal dan tahun baru 2021 kali ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tak hanya meninjau aspek keamanan dan kelancaran saja, pengecekan juga memperhatikan kesiapan protokol kesehatan di stasiun.

Tujuannya untuk memastikan libur kali ini berjalan lancar, masyarakat aman sampai tujuan, dan terbebas dari penularan virus Corona.

Berdasarkan pantauan detikcom, begitu Budi Karya memasuki stasiun, ia langsung mengecek tempat pemeriksaan surat hasil tes rapid atau PCR sebagai syarat wajib penumpang naik kereta selama masa pandemi.

Setelah itu, Budi Karya membagikan masker tiga lapis ke para penumpang di stasiun. Lalu, mengecek ketersediaan face shield di pintu masuk peron kereta. Di peron kereta, Budi kembali membagikan masker ke penumpang.

Ia juga menyempatkan diri memasangkan face shield ke seniman di dalam ruang tunggu peron. Budi Karya juga mengecek kondisi kereta dan penumpang di dalam gerbong kereta. Terakhir, melepas KA Bima Jakarta-Surabaya.

Setelah itu, Budi Karya menghadiri peluncuran mobil listrik untuk kendaraan dinas Kementerian Perhubungan.

"Saya hari ini bahagia sekali karena rencana Kementerian Perhubungan untuk menggunakan mobil dinas dengan kendaraan listrik itu hari ini terjadi," ujar Budi usai melakukan pengecekan stasiun dan peluncuran mobil listrik di Stasiun Gambir, Rabu (16/12/2020).

Peluncuran mobil listrik sebagai kendaraan dinas Kemenhub ini bagian dari upaya pemerintah untuk mempercepat penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Targetnya, mulai 2021 sampai tahun 2024 sudah terwujud penggantian kendaraan dinas menjadi kendaraan listrik.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT